Tembilahan (ANTARA News) - Dinas Pertanian Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, telah menyalurkan sebanyak 30 ton bibit padi unggul dalam menyukseskan kegiatan Operasi Pasar Riau Makmur atau OPRM.

Kepala Dinas Pertanian Holtikultura dan Peternakan Inhil, Urip Sukarno, Minggu, mengatakan, pembagian bibit telah direalisasikan awal bulan Oktober kepada petani di Kecamatan Keritang.

"Kita harapkan bibit padi itu bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan hasil panen serta memberikan stimulus bagi petani," ujarnya.

Untuk tahap pertama baru diserahkan bibit padi unggul sebanyak 30 ton, sedangkan pemberian bantuan pupuk belum dilaksanakan, kemungkinan akan disalurkan dalam waktu dekat ini.

Urip melanjutkan, pembagian bantuan bibit padi unggul dan pupuk ini kepada petani setempat, dalam upaya menggencot hasil panen di kawasan yang selama ini dikenal sebagai sentra penghasil beras di Riau.

"Pemberian ini juga dalam upaya mendukung Operasi Pangan Riau Makmur, karena kawasan ini termasuk sentra penghasil beras di Inhil, bahkan Riau," sebutnya.

Kepala Desa Nusantara Jaya, Kecamatan Keritang, Syarifuddin A Said yang desanya termasuk yang menerima bantuan bibit tersebut menuturkan bahwa memang bibit padi tersebut telah diterima warganya.

"Para petani kita telah menerima bantuan bibit padi tersebut sekitar seminggu yang lalu dan ini merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Riau," ujarnya.

Di Dusun Selamat Abadi, Desa Nusantara Jaya, Kecamatan Keritang telah berhasil dilakukan panen raya padi varietas unggul pada bulan Juni lalu.

Di Desa Nusantara Jaya terdapat luasan areal sawah sekitar 350 hektar, sehingga kalau OPRM berjalan dengan baik daerah itu menjadi salah satu kawasan penghasil beras di Inhil, bahkan Riau. (ANT-027/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010