ACT Sumut gelar simulasi hadapi bencana

id Aksi Cepat Tanggap,ACT Sumut

Para peserta menggunakan kapal karet mengikuti simulasi kesiapsiagaan bencana di Taman Cadika Medan Johor, Rabu (16/12/2020) ANTARA/HO

Medan (ANTARA) - Organisasi Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Provinsi Sumatera Utara menggelar simulasi kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana yang diikuti 30 relawan.
"Kita memberikan edukasi kepada relawan dan gerakan kerelawanan untuk siap siaga bencana. Sebagai relawan siaga bencana yang memahami bagaimana menangani bencana harus mengedukasi masyarakat agar mereka faham bagaimana cara menyelamatkan diri," kata Staf Program ACT Sumut Sakti Wibowo di Medan, Rabu.

Baca juga: ACT Sumut terima bantuan 600 paket sembako dari Bank Indonesia Dalam kegiatan yang berlangsung di Taman Cadika Medan Johor tersebut para relawan mengikuti berbagai tahapan proses penanganan bencana, mulai dari pengantar tentang water rescue, pengenalan alat, pengoperasian perahu hingga penyelamatan korban. Melalui kegiatan tersebut, kata dia, diharapkan para peserta memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Baca juga: ACT Sumsel bantu paket pangan ke penyandang disabilitas "Ke depannya ketika terjadi bencana, diharapkan bisa menyelamatkan diri sendiri dan membantu menolong orang lain. Karena 80 persen ketika bencana itu terjadi yang berhasil menyelamatkan diri adalah orang-orang yang tahu bagaimana menyelamatkan diri sendiri. Hal ini sangat bermanfaat ke depannya demi meminimalisir jumlah korban saat bencana," katanya.

Pewarta : Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar