Cedera lutut, Beckham Putra harus istirahat selama sebulan

id Beckham Putra Nugraha,Persib Bandung,Timnas U-19,liga Indonesia

Dokumentasi - Pesepak bola Indonesia Beckham Putra Nugraha (tengah) bersama rekannya M. Fajar Fatur (kanan) dan Bagus Kahfi merayakan gol ke gawang Timor Leste saat bertanding pada penyisihan grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Binh Duong di Provinsi Binh Duong, Vietnam, Kamis (8/8/2019). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/ama.

Jakarta (ANTARA) - Gelandang muda Persib Bandung Beckham Putra Nugraha harus menjalani terapi serta istirahat selama sebulan penuh akibat mengalami cedera lutut ketika menjalani pemusatan latihan bersama timnas U-19.

Dikutip dari laman resmi klub dari Jakarta, Senin, Beckham awalnya dikhawatirkan mengalami cedera parah berkepanjangan. Akan tetapi setelah dilakukan pemeriksaan melalui metode magnetic resonance imaging (MRI) diketahui bahwa masalah cedera yang dialami Beckham adalah meniskus.

"Dari hasil MRI dan pemeriksaan klinis orthonya, ada gambaran cedera di meniskusnya dan MCL (medial collateral ligament) ringan. Disarankan beristirahat dan terapi konservatif," kata dokter tim Persib Rafi Ghani yang menangani Beckham.

Baca juga: Beckham tak ingin posisinya di timnas U-19 tergeser

Dalam masa pemulihan ini, Rafi selalu berkoordinasi dan melaporkan perkembangan terbaru dari proses pemulihan cedera Beckham. PSSI berharap Beckham dapat sembuh dalam waktu cepat.

"Observasi masih kami lakukan bersama tim medis dari timnas. Saran dari timnas, akan dipantau dalam satu bulan ke depan," katanya.

Dalam masa pemulihan, Beckham harus menghindari aktivitas berat agar penyembuhan cedera berjalan cepat. Terapi ringan untuk perlahan menguatkan kakinya juga akan dilakukan oleh Beckham namun harus sepengetahuan tim dokter.

Sebelumnya, Beckham mengalami cedera saat awal mengikuti pemusatan latihan timnas U-19 di Jakarta. Ia langsung menepi saat merasakan sakit di bagian lutut.

Baca juga: Dokter pastikan Beckham Putra membaik, bukan COVID-19

Adik dari sesama pemain Persib Gian Zola Nugraha itu memilih pulang ke Bandung agar dekat dengan keluarga dan proses penyembuhan berjalan lancar dan PSSI mengizinkannya.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengungkapkan harapannya agar Beckham bisa tampil pada Piala Asia U-19 maupun Piala Dunia U-20. Sebab, kesempatan itu menjadi amat langka bagi Indonesia untuk tampil bersama sejumlah negara terbaik.

"Itu adalah mimpi bagi setiap pemain muda dan saya hanya berharap pada Beckham bisa kembali pulih. Kami mendukung dia sebisa mungkin," kata Robert.

Baca juga: Beckham minta timnas U-19 waspadai hasrat menang Macedonia Utara

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar