Sungailiat,Bangka (ANTARA) -


Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahbudin meminta seluruh kepala desa (kades) di daerahnya mendukung kerja tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 guna mempercepat pemutusan rantai penyebaran virus corona.

Hal itu disampaikan Syahbudin di hadapan anggota Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Bangka, menanggapi laporan adanya warga desa yang tidak mau dilakukan tes cepat, di Sungailiat, Sabtu,

Baca juga: Kelurahan Bangka gelar tes usap untuk pedagang di Pasar Warung Buncit

"Saya minta semua kepala desa yang tersebar di delapan kecamatan mendukung tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 di desanya masing-masing," kata wabup

Seorang kepala desa, kata wabup, mempunyai kewajiban memberikan edukasi kepada warganya mengenai bahaya COVID-19, di mana angka terkonfirmasi positif di Kabupaten Bangka sudah mencapai 51 kasus dengan 10 pasien dinyatakan sembuh.

Baca juga: Bupati Bangka minta kepala desa evaluasi penerima BLT

"Penanganan dan pencegahan wabah COVID-19 harus dilakukan terpadu, baik oleh tim gugus tugas, pemerintah daerah termasuk pemerintah desa maupun masyarakat setempat," ujar Syahbudin.

Wabup mengatakan, penyebaran COVID-19 harus cepat dicegah dan diputus mata rantainya, karena wabah virus tersebut tidak hanya berdampak pada ancaman kesehatan namun juga meluas ke sektor perekonomian.

Baca juga: Swasta bantu Pemkab Bangka Rp300 juta lebih atasi dampak COVID-19

"Para kepala desa hendaknya juga saling meningkatkan koordinasi sehingga terwujud pemberdayaan desa yang maju dan berkembang sesuai dengan program pemerintah," katanya.
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020