Brigadir Jenderal TNI Gamal H Putro jadi inspektur Kodam I/BB

id berita sumut,brigjen tni gamal haryo,berita medan terkini, brigjen tni gamal haryo putro menjadi irsdam I/bb

Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fadhillah (kiri), menyaksikan penandatanganan naskah serah-terima jabatan Inspektur Kodam I/Bukit Barisan, Brigadir Jenderal TNI Gamal H Putro, di Markas Kodam I/Bukit Barisan, di Medan, Selasa. ANTARA/HO

Medan (ANTARA) - Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah, menyampaikan bahwa baru saja menyaksikan tradisi korps penerimaan dan penyerahan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan inspektur Kodam I/BB kepada Brigadir Jenderal TNI Gamal Haryo Putro.

"Atas nama segenap keluarga besar Kodam/BB, saya mengucapkan selamat datang kepada Brigjen TNI Gamal Haryo Putro beserta istri, atas jabatan baru sebagai Irdam I/BB," ujar Fadhilah, dalam sambutannya pada penerimaan dan penyerahan tugas, wewenang tanggung jawab inspektur jenderal Kodam I/BB, di Markas Kodam I/BB di Medan, Selasa.

Hingga beberapa waktu lalu, posisi inspektur jenderal di suatu Kodam dijabat seorang kolonel senior namun ini posisi itu ditingkatkan sehingga dijabat seorang brigadir jenderal TNI. 

Fadhillah mengatakan, penyerahan tugas jabatan ini merupakan tindak lanjut dari penyerahan tugas jabatan inspektur jenderal I/BB dari Kolonel Infantri Sidharta Wisnu Graha kepada saya belum lama ini.

Fadhillah menyataka, perlu dipahami bersama bahwa penggantian jabatan adalah salah satu implementasi dari upaya untuk memelihara dan senantiasa meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi dalam pelaksanaan tugas pokok.

"Yang terpenting dari semua itu, kita harus memahami bahwa pergantian pejabat di lingkungan TNI AD tentu saja dilakukan dengan mengedepankan prinsip-prinsip kepentingan pembinaan satuan dan pembinaan personel," ujarnya.

Fadhilah menyebutkan, selain itu, pergantian jabatan di lingkungan Militer memiliki makna penting dan strategis, ditinjau dari upaya komando atas untuk meningkatkan kualitas kinerja organisasi ke arah yang lebih baik.

Selain itu, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan dan kebutuhan dalam rangka mewujudkan organisasi TNI AD yang berkembang dinamis, selaras dengan tuntutan tugas yang tidak semakin ringan.

"Perlu kita ketahui bahwa Inspektur Kodam memiliki tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan, baik bidang kinerja maupun perbendaharaaan dalam rangka pelaksanaan tugas pokok Kodam I/BB," ucap jenderal bintang dua itu.

Ia mengatakan, tugas dan fungsi penting ini, jika dilaksanakan secara tepat, tentu sangat mendukung upaya mewujudkan sasaran pembinaan TNI Angkatan Darat terutama dalam aspek peningkatan tertib administrasi di satuan jajaran Kodam I/BB.

Pada prosesi itu juga hadir Kepala Staf Panglima Kodam I/BB, Brigadir Jenderal TNI Didied Pramudito, kepala Kelompok Staf Ahli Panglima Kodam I/BB, para asisten Kepala Staf Panglima Kodam I/BB, para kepala Badan Pelaksana Kodam I/BB, dan para komandan Satuan Berdiri Sendiri di wilayah Medan.

Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar