MPR gelar konser virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo lawan Corona"

id Mpr ri, mpr, bamsoet, bambang soesatyo, ketua mpr

Bimbo buat lagu tentang virus corona

Jakarta (ANTARA) - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar konser amal penggalangan dana dengan tajuk MPR Peduli Bersama BPIP dan BNPB melalui konser virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona" yang akan ditayangkan Minggu, 17 Mei 2020, pukul 19.30-22.00 WIB langsung dari Studio TVRI Jakarta.

Siaran pers Humas MPR RI yang diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan acara tersebut digelar bersama oleh MPR RI, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB/Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19), dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Tayangan acara "Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona" direncanakan akan di-"relay" oleh stasiun televisi swasta di Indonesia, yaitu INews, NetTV, Metro TV, OChannel, ANTV sehingga Masyarakat bisa menyaksikan konser virtual tersebut melalui layar kaca.

Baca juga: Dwiki Dharmawan gelar konser virtual bantu diaspora terdampak COVID-19

Dalam konser itu, akan turut hadir secara virtual Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan para pimpinan MPR, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyala Mattalitti, Ketua MA M. Syarifuddin, Ketua MK Anwar Usman, Ketua KY Jaja Ahmad Jayus, Ketua BPK Agung Firman, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Kemudian, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo, Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Kominfo Johnny G Plate, Menteri Parekraf Whisnutama, dan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roslani.

Dari kalangan artis dan seniman, selain pengisi acara konser musisi balada asal Bandung, Jawa Barat, ada juga Judika, Rossa, Via Vallen, Baim Wong, serta artis dan musisi lainnya.

Konser tersebut ditujukan untuk menguatkan rasa kebangsaan di tengah bulan suci Ramadhan yang diselimuti pandemi COVID-19 sehingga diharapkan bisa memberikan kekuatan batin bagi masyarakat yang pada bulan Ramadhan ini harus turut menghadapi pandemi COVID-19.

Baca juga: Tompi tampil di "Konser 7 Ruang" untuk bantu pekerja seni

Melalui pendekatan kebudayaan dalam konser virtual diharapkan bisa semakin merekatkan persaudaraan kebangsaan masyarakat Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"COVID-19 memang telah menghentikan aktivitas sosial hingga ekonomi. Namun, tidak akan mematikan tekad dan semangat gotong royong bangsa Indonesia," tegas Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

"Para seniman, tokoh bangsa, dan pemimpin negara akan ikut bernyanyi bersama dari tempat mereka masing-masing. Dalam konser virtual nanti, kita galang donasi dari Presiden dan pejabat lainnya serta masyarakat sebagai bentuk gotong royong untuk para seniman dan para pekerja seni yang biasa buat acara di berbagai pementasan. Sekecil apapun gotong royong yang kita berikan, berarti besar bagi mereka," ujar Bambang, yang akrab dipanggil Bamsoet.

Konser virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona" akan diisi sambutan Presiden Jokowi. Selain musik dan seni, acara juga diisi dengan pembacaan doa agar pandemi COVID-19 bisa benar-benar diatasi yang akan dipimpin oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Baca juga: Tayang 4 jam, konser virtual 88rising galang donasi hingga Rp330 juta

Dalam acara MPR Peduli bersama BPIP dan BNPB melalui "Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona" akan dilelang motor listrik merk Gesits dengan tanda tangan Presiden RI Bapak Jokowi.

Acara lelang sepeda motor tenaga baterai yang bisa menempuh jarak 70 kilometer sekali pengisian baterainya sekitar tiga jam tersebut akan dipimpin oleh Ketua Umum Kadin Rosan Roslani.

Bamsoet menyampaikan bahwa donasi yang terkumpul akan sepenuhnya diserahkan kepada para seniman dan pekerja seni yang terdampak COVID-19 melalui Yayasan Generasi Lintas Budaya pimpinan Olivia Zalianty.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar