Bea Cukai Meulaboh musnahkan 1,8 juta rokok ilegal senilai Rp663 juta

id Berita Aceh Terkini,Berita Aceh,Bea Cukai,Rokok Ilegal,Meulaboh,Aceh Barat

Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, memusnahkan rokok ilegal dengan cara dibakar yang dipusatkan di Lapangan Teuku Umar Meulaboh, Rabu (18/12/2019). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Meulaboh (ANTARA) - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, memusnahkan 1.868.000 batang rokok ilegal dari 94.040 bungkus berbagai merek rokok yang dipusatkan di Lapangan Teuku Umar Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Ada pun potensi kerugian negara akibat perdagangan rokok ilegal tersebut mencapai Rp663 juta lebih. "Ini merupakan aksi nyata bea dan cukai dalam menciptakan perlakuan yang adil bagi industri rokok yang telah mematuhi segala ketentuan dan membayar cukai sesuai kewajiban," kata Kepala KPPBC Meulaboh, Akbar Harfianto, Kamis.

Adapun barang milik negara yang turut dimusnahkan tersebut yakni berupa 16.364 bungkus tembakau yang terdiri dari rokok ilegal berjumlah 16.350 bungkus (313.264 batang) dan 14 bungkus (420 gram) tembakau iris ilegal.

Baca juga: Kantor Bea Cukai Luwuk musnahkan rokok dan minuman keras ilegal

Baca juga: KPPBC Kudus tingkatkan pengawasan rokok ilegal

Baca juga: Kasus rokok ilegal di Riau rugikan negara Rp2,5 miliar


Nilai barang yang dimusnahkan tersebut sebesar Rp151 juta lebih dengan potensi kerugian negara sebesar Rp125 juta lebih.

Pemusnahan barang bukti tersebut, kata Akbar, telah mempunyai kekuatan hukum tetap sesuai Putusan Pengadilan Negeri Tapaktuan Nomor: 51/Pid.Sus/2019/PT TtnTanggal 31 Juli 2019 yang dikuatkan oleh Putusan Pengadilan Tinggi Banda Aceh Nomor: 238/PID/2019/PT BNA Tanggal 22 Oktober 2019.

"Barang bukti tersebut merupakan hasil penyidikan yang dilakukan oleh KPPBC TMP C Meulaboh, dimana berkas perkara tersebut telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Negeri Aceh Selatan pada bulan April 2019," kata Akbar.*

Baca juga: Bea Cukai Pangkalpinang musnahkan 1,017 juta batang rokok

Baca juga: Kenaikan tarif cukai rokok diminta diimbangi penindakan rokok ilegal

Baca juga: KPPBC Kudus ungkap kasus rokok ilegal di Purwodadi

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar