Spanduk TNI siapkan sarapan gratis bagi peserta Reuni 212, ini penjelasannya

id Hoaks,Aksi Nusantara Bersatu,aksi 212,hoaks 212

Suasana aksi reuni 212 di kawasan Monas, Jakarta, Senin (2/12/2019). Reuni tersebut digelar untuk lebih mempererat tali persatuan umat Islam dan persatuan bangsa Indonesia. ANTARA FOTO/Aruna/pras.

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah foto spanduk berwarna hijau yang terpampang di depan bangunan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat beredar di salah satu akun Facebook, pada Senin (2/12).

Spanduk yang memuat lambang Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu bertuliskan "SILAHKAN SARAPAN GRATIS ...SAUDARAKU... CUKUP BAYAR DENGAN ALHAMDULILLAH...".

Dalam unggahannya, pemilik akun Facebook itu turut menambahkan narasi yang menyatakan bahwa TNI telah menyiapkan makanan bagi peserta aksi 212 yang digelar di pelataran Monas.

Berikut keterangan dalam kiriman foto spanduk yang dibagikan di Facebook:
"Terpampang jlas respek spanduk TNI menyambut hangat untuk para peserta aksi milad 212 besok hari senin di monas.bkan sekedar respek ucapan spanduk aja kawan tapi ada yg luarbiasa para TNI menyiapkan mkanan juga untuk para peserta 212 besok. Trlihat jls aura wajah mereka sangat bahagia ketika saya brjumpa para tni tdi sore..dan akupun tdak segan segan sdikit brcanda sambil bersalaman rasa nyaman pun saya merasakan.
sumpah ak terharu melihat respon para anggota TNI."

"Smoga atas peduli empatimu menjadi amal ibadan dan berkah wahai TNI ku .dan smoga atas adanya 212 ini mnjalin silahturahmi yg kuat brsama rakyat mnuju masadpan para generasi muda yg akan datang untuk mnjaga alam NKRI ini. TNI MANTAP JIWA.we are with you guys."

Hingga Selasa, kiriman foto tersebut telah dibagikan sebanyak 206 kali dan mendapatkan respon dari 617 orang.

Cek fakta: Panglima TNI ajak masyarakat doa bersama

Penjelasan:
Penelusuran ANTARA pada Selasa (4/12) menunjukkan gambar spanduk TNI tersebut bukanlah foto baru.

Foto spanduk hijau itu sebelumnya pernah disebarkan oleh pemilik akun lain di Facebook, pada 1 Desember 2017. Gambar yang diunggah sekitar dua tahun lalu itu, telah disukai 86 orang dan juga disertai narasi yang menyatakan "TNI sudah siapkan sarapan gratis untuk peserta 212 di Monas".

Mengacu pada laporan Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dikutip Selasa (3/12), di Jakarta, diketahui foto tersebut diambil saat acara Aksi Nusantara Bersatu yang digelar di Lapangan Monas pada 3 Desember 2016.

Aksi yang diinisiasi oleh TNI itu turut dihadiri sejumlah tokoh agama, pejabat pemerintah, serta tokoh masyarakat. Ketika itu, berbagai menu sarapan dijajakan bagi setiap peserta Apel Nusantara Bersatu dengan cuma-cuma, tanpa membayar.

Klaim : Spanduk TNI siapkan sarapan gratis untuk peserta reuni 212
Rating: Salah/Disinformasi
 
Tangkapan layar konfirmasi hoaks dari Kominfo soal spanduk TNI (Antara/Kominfo)


Cek fakta: Panglima TNI ajak umat doakan keselamatan bangsa

Pewarta : Tim JACX dan Kominfo
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar