Pemkot Makassar dinilai memiliki administrasi pencatatan sipil yang terstruktur, memiliki kerja sama yang baik antara Dinas Kesehatan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Makassar (ANTARA) - Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan atas kontribusinya menyukseskan program nasional Indonesia Sehat.

Penghargaan diserahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto kepada Penjabat Wali kota Makassar Iqbal Suhaeb di Auditorium Siwabessy, Gedung Prof Sujudi, Kemenkes di Jakarta Selatan, Selasa.

Pemkot Makassar berhasil meraih penghargaan kategori daerah percontohan nasional penguatan sistem pencatatan kelahiran, kematian, dan penyebab kematian tahun 2019 pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55.
Baca juga: Gowa percontohan layanan anak integratif nasional

Pemkot Makassar dinilai memiliki administrasi pencatatan sipil yang terstruktur, memiliki kerja sama yang baik antara Dinas Kesehatan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Bahkan Kemenkes menilai Iqbal Suhaeb sebagai kepala daerah dengan komitmen yang tinggi dalam mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi kehamilan, kelahiran, dan kematian.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melalui sambutannya mengatakan berbahagia berada di tengah-tengah insan, individu yang penuh inspirasi, inovasi, dan dedikasi yang tinggi yang telah membaktikan dirinya mendukung keberhasilan pembangunan kesehatan.
Baca juga: Desa Celuk dan Petulu jadi desa percontohan Hari Kesehatan

Anugerah dan penghargaan yang diserahkannya merupakan apresiasi Kemenkes atas terobosan, dedikasi, upaya maju, dan sumbangsih dalam mendukung program pembangunan kesehatan.

"Saya harapkan dengan adanya penghargaan seperti ini akan mendorong tumbuhnya sosok individu, pimpinan institusi, pimpinan daerah, mitra kerja maupun dunia usaha yang memiliki kepedulian, kegigihan serta daya juang dalam menyehatkan masyarakat untuk mencapai bangsa Indonesia yang kuat, sehat, dan sejahtera," ucap Terawan.

Penjabat Wali Kota Iqbal Suhaeb, mengungkapkan penghargaan ini makin memacu pemerintahannya hadir memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Baca juga: Tanjung Priok jadi percontohan layanan dokter keluarga

"Apa yang diraih saat ini adalah sebuah kebanggaan dan tentunya menjadi sebuah semangat untuk makin berinovasi menciptakan gebrakan yang tanggap untuk masyarakat banyak," harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Azikin memaparkan akan lebih giat menyerukan dan mendampingi petugas kesehatan di lapangan.

"Alhamdulillah, penghargaan ini berkat kerja sama petugas kesehatan dengan cermat dan teliti. Saya akan turut serta ke lapangan mendampingi kembali para petugas dalam bekerja," ungkapnya.

Selain Makassar, penghargaan serupa juga diraih Padang Pariaman dan Kudus.
Baca juga: Bupati Tabanan berharap mobil sehat jadi percontohan

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019