AS, Jepang, Korsel, Australia gelar latihan pertama di Pasifik Barat

id Pacific Vanguard,Pasifik BArat, Pulau Guam

Personel angkatan laut Amerika Serikat berada di atas kapal komando USS Blue Ridge (LCC-19) yang bersandar di dermaga JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (1/5/2019). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pd.

Tokyo (ANTARA) - Sejumlah kapal Angkatan Laut Amerika Serikat menggelar latihan gabungan pertama dengan sekutu Jepang, Australia dan Korea Selatan di Pasifik Barat, demikian Angkatan Laut AS, Kamis.

Latihan Pacific Vanguard di dekat Pulau Guam AS berlangsung menjelang kunjungan Presiden Donald Trump ke Jepang pekan ini, saat Washington mencari sekutu di Asia untuk membantu memerangi kekuatan militer China di kawasan tersebut.

"Pacific Vanguard menggabungkan pasukan dari empat negara maritim yang memiliki pandangan yang sama, yang memberikan keamanan di seluruh Indo-Pasifik berdasarkan nilai-nilai dan kepentingan bersama," kata Wakil Laksamana Philip Sawyer, komandan Armada Ketujuh Angkatan Laut AS dalam satu pernyataan.

Latihan yang berlangsung selama enam hari itu melibatkan dua kapal penghancur dari Jepang, dua fregat milik Australia dan satu kapal penghancur milik Korea Selatan. Sebanyak 3.000 pelaut turut dalam latihan tersebut.

Angkatan Laut AS mengerahkan lima kapal serta pesawat tempur dan pesawat patroli maritim untuk latihan tersebut, yang meliputi latihan menembak langsung dan latihan perang anti-kapal selam.

Pacific Vanguard merupakan pertunjukkan terbaru dari pasukan angkatan laut gabungan di kawasan Asia Pasifik.

Baca juga: Kapal AS layari Laut China Selatan yang disengketakan
Baca juga: AL AS perintahkan perubahan mendasar seusai tabrakan kapal


Sumber: Reuters

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar