Mencari-cari Salah di kerumunan jemaah sholat Jumat

id mohamed salah,masjid agung moskow,Piala Dunia 2018

Masjid Agung Moskow atau dikenal juga sebagai Masjid Katedral Moskow, Rusia, saat dikunjungi, Jumat (22/6/2018). (ANTARA/Triono Subagyo)

Moskow (ANTARA News) - Sholat Jumat selain menjadi rutinitas ibadah wajib bagi muslim di Rusia --baik warga setempat maupun pendatang-- ternyata kini diwarnai oleh aktivitas lain gara-gara ajang Piala Dunia 2018.

Pencarian Mohamed Salah, bintang sepak bola tim nasional Mesir, jadi salah satu aktivitas lain yang dilakukan oleh sejumlah jemaah sholat Jumat di Masjid Agung Moskow, Jumat.

Di antara perbincangan ragam bahasa yang tak dikenali, nama Mohamed Salah terselip, sementara gestur melongok ke depan dari lantai dua masjid dilakukan oleh para jemaah tersebut.

Boleh jadi, jemaah "terkecoh" lantaran pihak pengelola masjid kerap menyebutkan nama Salah ketika melakukan menyampaikan pengumuman.

Alih-alih mengikuti ajakan mendoakan kesuksesan dan kesehatan Salah, jemaah malah menganggap Salah turut hadir di antara kerumuman untuk menunaikan sholat Jumat di masjid yang peresmiannya dilakukan oleh Presiden Vladimir Putin pada 23 Septermber 2015 silam itu.

"Sekarang di Rusia sedang ada Piala Dunia dan ada bintang muslim asal Mesir, yaitu Mohamed Salah," kata pengurus masjid dalam bahasa Rusia.
 
Suasana ibadah sholat Jumat di Masjid Agung Moskow atau dikenal juga sebagai Masjid Katedral Moskow, Rusia, Jumat (22/6/2018). (ANTARA/Triono Subagyo)


Semenjak adzan, dua khutbah disampaikan dan sholat Jumat usai ditunaikan, sosok yang ditunggu tak juga kelihatan batang hidungnya.

Seorang warga Mesir yang menunaikan sholat Jumat di Masjid Agung Moskow, M. Ali, paham betul bahwa Salah tak ada di masjid yang sama, yang juga dikenal sebagai Masjid Katedral Moskow itu.

"Salah di kota lain," kata dia singkat sambil menawarkan beberapa parfum yang dijajakan sejumlah lelaki muda di depan pintu masjid tersebut.

Baca juga: Pelatih Mesir: tim bayar mahal kesalahan dan kurangnya faktor Salah

Baca juga: Begini strategi Rusia bungkam Salah dan tim

Pewarta : Triono Subagyo
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar