Riyadh (ANTARA News) - Arab Saudi berencana membangun sembilan instalasi desalinasi di pantai Laut Merah yang bakal menghabiskan dana 2 miliar riyal (Rp7,1 triliun), kata menteri lingkungan Saudi seperti ditulis Reuters.

Kesembilan instalasi ini memiliki kapasitas 240 ribu meter kubik air per hari dan akan diselesaikan kurang dari 18 bulan, tulis Menteri Lingkungan Abdulrahman al-Fadhli dalam posting Twitter.

Proyek yang disebut menteri merupakan perintah Raja Salman lewat sebuah dekrit kerajaan itu akan membantu BUMN Saudi Saline Water Conversion Corp (SWCC) meningkatkan efisiensi produksi dan memangkas ongkos operasional dan modal, tambah Fadhli tanpa menerangkan lebih jauh pendanaannya.

Arab Saudi pada  2016 sudah mengungkapkan rencana menggunakan kemitraan pemerintah-swasta (PPP) dengan perusahaan-perusahaan lokal dan asing untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur.

Agustus tahun lalu, Saudi menyatakan akan membangun sejumlah resort di sekitar 50 pulau di Laut Merah yang akan diselesaikan pada triwulan keempat 2022.

Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018