Serangan udara Israel hantam posisi Jihad Islam di Suriah, Gaza

id Serangan udara,Israel,Jihad Islam,Suriah,Gaza

Ilustrasi: Seorang pria Palestina duduk di puing-puing diluar sebuah bangunan yang rusak akibat serangan udara Israel, di Kota Gaza, Minggu (5/5/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Suhaib Salem/ama/cfo

Yerusalem (ANTARA) - Pesawat tempur Israel meluncurkan serangan udara terhadap posisi Jihad Islam di Suriah, demikian militer Israel pada Senin, setelah kedua pihak saling membalas serangan udara dan roket di sekitar Gaza.

Penyataan militer Israel menyebutkan pasukannya berhasil "menggempur target kelompok Jihad Islam di selatan Damaskus" selain "puluhan" target Jihad Islam di sepanjang Jalur Gaza.

Serangan udara di kawasan Adeliyah di luar Damaskus menargetkan apa yang disebut militer Israel "pusat kegiatan Jihad Islam di Suriah", termasuk penelitian dan pengembangan senjata.

Pengumuman Israel muncul tak lama setelah media pemerintah Suriah melaporkan pertahanan udara mereka mencegat "target musuh" di atas Ibu Kota Suriah, Damaskus.

Serangan tersebut meningkatkan putaran permusuhan terbaru, yang dimulai sejak Minggu subuh, ketika Israel mengklaim telah menewaskan satu anggota Jihad Islam yang berupaya menanam bahan peledak di dekat pagar perbatasan Israel dengan Jalur Gaza.

Tayangan video yang diambil dari fotografer Gaza dan diunggah di media sosial menunjukkan apa yang tampaknya seperti tubuh tak bernyawa anggota Jihad Islam menggantung di buldozer militer Israel saat pihaknya memindahkan jasad tersebut.

Pejabat kesehatan Palestina dan beberapa orang lain yang menyaksikan mengatakan dua warga Palestina lainnya terluka akibat tembakan Israel, yang diarahkan ke sekelompok orang yang mendekati area tersebut dan berupaya menemukan jasad itu.

Gambar tersebut menuai kegaduhan di Gaza serta seruan aksi balasan dari para warganet di media sosial.

Jihad Islam menembakkan serentetan roket dari Gaza ke arah Israel dan kemudian Israel membalas dengan serangkaian serangan udara di Gaza.

Israel menyebutkan bahwa di antara "puluhan" serangan target di Gaza adalah infrastruktur bawah tanah dan kompleks di Rafah yang digunakan untuk menyimpan bahan baku pembuatan roket.

Sesaat sebelum tengah malam pada Minggu (23/2), Kantor Berita Suriah SANA mengutip sumber militer yang menyebutkan pesawat militer Israel menerobos wilayah udara Suriah dan menggempur daerah di sekitar Damaskus dengan gelombang peluru kendali.

Sementara itu TV milik Suriah al-Ikhbariya menayangkan apa yang disebutnya sebagai ledakan di langit malam Damaskus oleh sistem pertahanan udara, yang menembak jatuh peluru kendali.

Sumber militer Suriah mengaku sebagian besar roket berhasil dihancurkan sebelum mengenai targetnya.

Israel melancarkan ratusan serangan terhadap target di Suriah dalam beberapa tahun belakangan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pertahanan udara Suriah tembak jatuh roket dari Israel

Baca juga: Angkatan udara Suriah cegat rudal-rudal Israel

Baca juga: Sidang Majelis Umum PBB kembali tegaskan kedaulatan Suriah atas Golan


 

Indonesia Dukung Perdamaian Palestina-Israel


Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar