HUT TNI di Beijing dihadiri perwira tinggi militer China

id HUT TNI, militer China,PLA China,HUT TNI di Beijing

Deputi Direktur Akademi Ilmu Pengetahuan Militer Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) Mayor Jenderal Zhang Zhenjiang (dua kiri) bersulang dengan Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun (kiri) dalam resepsi HUT ke-74 TNI di Beijing, Rabu (9/10) malam, dengan didampingi Atase Pertahanan KBRI Beijing Brigadir Jenderal TNI Kuat Budiman (dua kanani) dan Atase Udara Kolonel (Pnb) Eko Adi Nugroho (kiri). ANTARA/M. Irfan Ilmie

Beijing (ANTARA) - Resepsi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI di Beijing, Rabu (9/10) malam, dihadiri perwira tinggi China dan sejumlah pejabat atase militer negara sahabat.

Deputi Direktur Akademi Ilmu Pengetahuan Militer Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) Mayor Jenderal Zhang Zhenjiang bersama Deputi Direktur Kerja Sama Internasional Militer China (OIMC) Biro Asia PLA Senior Kolonel Liu Fang mendapat kehormatan naik panggung untuk bersulang bersama Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun pada perayaan tersebut.

Di atas panggung berlatar belakang gambar foto Komando Pasukan Khusus TNI bersenjata lengkap sudah menunggu Atase Pertahanan Kedutaan Besar RI di Beijing Brigadir Jenderal TNI Kuat Budiman, Atase Udara Kolonel (Pnb) Eko Adi Nugroho, dan Atase Laut Kolonel (Mar) Siswo Harsono.

Sebelum bersulang di depan para tamu undangan yang merupakan atase militer sejumlah negara sahabat, Dubes Djauhari memberikan sambutan tentang peran TNI pada masa lalu dan masa kini.

"Sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB pada 2019-2020, Indonesia telah berkomitmen meningkatkan jumlah personel penjaga perdamaian di berbagai wilayah di dunia yang kini sudah mencapai 4.000 orang," ujarnya.

Di Asia Tenggara, TNI juga telah meningkatkan kerja sama, termasuk dalam kerangka Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM), ADMM Plus, latihan militer, patroli maritim bersama, program pendidikan dan pelatihan.

TNI, menurut Dubes Djauhari, juga telah menjalin kerja sama dengan PLA dalam berbagai sektor, di antaranya program pendidikan dan pelatihan serta latihan militer bersama.

"Hal ini menandai ulang tahun keenam kemitraan strategis komperehensif antara China dan Indonesia," katanya.
Seorang perwira Angkatan Laut Amerika Serikat turut menyumbangkan lagu dalam resepsi HUT ke-74 TNI di Beijing, China, Rabu (9/10) malam. Acara yang digelar oleh Kedutaan Besar RI di Beijing itu dihadiri sejumlah pejabat militer Indonesia, China, dan negara sahabat. ANTARA/M. Irfan Ilmie

Pada kesempatan itu, para tamu undangan juga menyaksikan tayangan layar lebar mengenai kekuatan TNI dari tiga matra, yakni darat, laut, dan udara.

Acara peringatan HUT TNI di Beijing itu juga diisi dengan kegiatan menyanyi dan bergoyang bersama serta makan malam. Beberapa pejabat atase militer dari Amerika Serikat, Filipina, Thailand, dan negara lain turut berpartisipasi dengan menyanyikan lagu kesukaannya hingga resepsi HUT TNI yang digelar di salah satu hotel berbintang di Beijing tersebut berakhir. ***2***(T.M038)

KBRI Beijing kenalkan pelangi sepak di HUT TNI

Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar