AS, Jepang buat kerangka perjanjian perdagangan

id Perjanjian perdagangan,AS-Jepang

Seorang wanita membawa bendera saat menunggu di depan Istana Kekaisaran sebelum penampilan publik pertama Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di Tokyo, Jepang, Sabtu (4/5/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/djo/wsj.

Tokyo (ANTARA) - Amerika Serikat dan Jepang telah mencapai kerangka perjanjian perdagangan luas, yang di dalamnya mencakup ketentuan bahwa Washington mempertahankan tarif atas impor mobil Jepang.

Berdasarkan kesepakatan yang sama, Tokyo memotong tarif impor daging sapi dan daging babi dari AS, demikian dilaporkan koran bisnis Jepang, Nikkei, Sabtu.

Wakil Perdagangan AS Robert Lighthizer dan Menteri Perekonomian Jepang Toshimitsu Motegi mencapai kesepakatan itu pada Jumat (23/8) di Washington.

Kesepakatan tersebut akan diumumkan dalam pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Pertemuan puncak antara kedua pemimpin itu akan dilangsungkan pada Minggu (25/8) di sela-sela pelaksanaan KTT Kelompok Tujuh (G7) di Biarritz, Prancis, kata surat kabar itu.

Nikkei tidak menyebutkan narasumber yang memberi informasi tersebut.

Laporan Nikkei itu muncul tak lama setelah Motegi mengatakan kepada para wartawan di Washington bahwa ia dan Lighthizer telah membuat "kemajuan besar" dalam perundingan mereka.

Sumber: Reuters

Baca juga: Trump akan bicarakan perdagangan, pertahanan dengan PM Jepang
Baca juga: Larry Kudlow: AS mungkin sepakati perdagangan dengan Jepang akhir Mei
Baca juga: Jepang desak anggota G20 waspadai peningkatan ketegangan perdagangan

Pewarta : Tia Mutiasari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar