Spanyol kirim kapal AL untuk kawal kapal Open Arms ke Spanyol

id Spanyol,Kapal Open Arms,Migran,Italia

Aktor Amerika Serikat Richard Gere mengadakan konferensi pers sebagai dukungan kepada kapal LSM "Open Arms", yang membawa imigran terdampar, di Lampedusa, Italia, Sabtu (10/8/2019). (REUTERS/GUGLIELMO MANGIAPANE)

Madrid (ANTARA) - Pemerintah Spanyol, Selasa, mengatakan sedang mengirim kapal Angkatan Laut menuju ke pulau Lampedusa di Italia untuk mengawal kapal penyelamat Open Arms menuju Spanyol.

Pengiriman kapal AL itu merupakan upaya untuk mengakhiri siksaan yang membuat para migran terdampar di Laut Tengah selama 19 hari.

"Kapal Audaz akan berangkat pada sore ini jam 5 dan akan berlayar selama tiga hari menuju ke Lampedusa, dan akan bertanggung jawab atas orang-orang yang ditampung di dalam kapal Open Arms serta mengawal kapal tersebut... ke pelabuhan Palma di Mallorca," kata pemerintah Sosialis itu dalam sebuah pernyataan.

Kapal Open Arms, yang dijalankan oleh badan amal Spanyol dengan nama yang sama, masih belum mengetahui rencana pengawalan itu.

Sebelumnya pada Selasa, badan amal itu menggambarkan bahwa situasi di atas kapal  "tak terkendali," dan mengatakan bahwa setidaknya sepuluh orang telah melompat ke laut, karena "putus asa", untuk berusaha berenang ke Lampedusa.

Sumber: Reuters

Baca juga: Spanyol tawarkan tempat berlabuh bagi kapal migran

Baca juga: 87 migran Afrika mencapai Spanyol dari Maroko

Baca juga: PM Italia: lima negara tawarkan akhiri sengketa soal migran

Pewarta : Maria D Andriana
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar