Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Semerang, Senin mengatakan, kerja sama tersebut dipandang baik karena Ceko merupakan salah satu negara maju yang berada di benua Eropa.

"Saat ini Jawa Tengah sedang membuka diri untuk berbagai macam kerja sama dari pihak manapun, menurut saya kerja sama dengan Republik Ceko ini menjadi satu hal yang ditunggu-tunggu," ujarnya.

Ganjar mengatakan yang masih menjadi andalan Jawa Tengah untuk ekspor ke Republik Ceko yakni mebel, namun demikian bukan tidak mungkin kerjasama tersebut juga terjadi pada bidang komoditas lain.

"Hanya saja cara menjualnya belum jagoan, untuk itu diharapkan dengan kerjasama ini bisa menghasilkan pemasaran secara lebih luas," ujar Ganjar.

Sementara itu pembukaan Kantor Perwakilan Konsulat yang berada di Jalan Ki Mangunsarkoro 14A itu dihadiri Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Tomas Smentaka sekaligus dilakukan penandatanganan MoU antara Kadin Jawa Tengah dengan Republik Ceko.

Sebelumnya, kantor yang sama sudah dibuka lebih dulu di Surabaya pada 11 Maret 2008 dan Yogyakarta 9 Februari 2012.

Pada kesempatan tersebut juga diperkenalkan Daniel Budi Setiawan sebagai Konsul Perwakilan Kehormatan untuk Semarang.

Daniel mengatakan, dengan adanya kantor tersebut diharapkan bisa mempererat hubungan antara Jateng dengan Republik Ceko.

"Semoga bisa terjalin komunikasi yang lebih intensif demi peningkatan hubungan bilateral antar kedua negara terutama kerjasama di bidang ekonomi," ujarnya.


Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024