Ketua Dewan Pimpinan Cabang Iwapi Kabupaten Magelang Sri Widati di Magelang, Selasa, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan PKK dan masyarakat Dusun Sidarejo, Desa Taman Agung, Kecamatan Muntilan dalam penanaman pohon tersebut.

Sekitar 300 bibit pohon jenis mahoni dan sengon ditanam mereka di bantaran Pabelan dari bawah jembatan bekas rel kereta api hingga Jembatan Pabelan di Desa Taman Agung itu, sepanjang sekitar 300 meter.

"Ini sekaligus dalam rangka Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember 2013," ucapnya.

Ia menjelaskan kegiatan itu sebagai wujud kecintaan kalangan pengusaha perempuan setempat terhadap lingkungan.

"Lingkungan yang lestari dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Kami kalangan pengusaha perempuan tak hanya berkuat kepada usaha mencari keuntungan, tetapi juga turut menjaga lingkungan tetap lestari," tuturnya.

Ia mengemukakan bahwa lingkungan alam yang lestari juga dibutuhkan untuk kelancaran usaha.

Sekretaris Desa Taman Agung Sutikno menyambut positif inisiatif kalangan pengusaha perempuan bekerja sama dengan masyarakat setempat, melakukan penanaman pohon di bantaran Pabelan.

"Kegiatan ini bermanfaat untuk penghijauan, apalagi kawasan ini rawan banjir lahar sehingga perlu diperkuat dengan penanaman pohon," ujarnya.

Selain itu, katanya, penanaman pohon di bantaran Pabelan itu juga untuk membangun keseimbangan alam dan mengurangi risiko bencana.

Pewarta : M Hari Atmoko
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024