Peluncuran Program kerja sama dilakukan pada 31 Oktober 2013 di Dusun I, Desa Rawa Selapan, Kecamatan Candi Puro, Lampung Selatan, ditandai dengan peresmian penggunaan Jembatan Alfamart di lokasi tersebut, yang sekaligus menandai dimulai kerja sama antara Yayasan Relawan Kampung Indonesia dengan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk.

Program ini akan melibatkan partisipasi masyarakat dalam penggalangan dana kepedulian melalui toko-toko Alfamart dan Alfamidi mulai 1 November hingga 15 Desember 2013. Pelanggan bisa mendonasikan uang kembalian atau donasi bebas melalui kasir pada saat melakukan transaksi pembayaran. Sebagai buktinya, nilai pundi amal/ donasi akan tercetak pada struk belanja.

Yayasan Relawan Kampung Indonesia (YRKI) yang ditunjuk oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk akan memproyeksikan pembangunan 14 jembatan di Indonesia, YRKI bertanggung jawab mulai dari memberikan usulan lokasi, perizinan dari warga dan pemerintah daerah sampai pelaksanaan pembangunan jembatan.

Memajukan Pendidikan dan Perekonomian

Tak hanya warga Kampung Ngaluwuk Lebak Banten yang menyambut gembira berdirinya Jembatan Alfamidi pada (11/09/13) yang merupakan Jembatan pertama dari PT SAT, warga Dusun I, Desa Rawa Selapan Lampung Selatan pun tampak sumringah menyambut kehadiran berdirinya Jembatan Alfamart, Menurut Misno (43), salah seorang warga Dusun I, Desa Rawa Selapan, Candi Puro, Lampung Selatan masyarakat merasa senang dengan adanya pembangunan jembatan dari Alfamart dan Alfamidi ini, “Sekarang masyarakat merasa lega, karena sekarang kan ada Jembatan yang sudah bagus bangunannya, jadi aman untuk dipakai. Selain itu, masyarakat merasa semakin mudah beraktifitas karena dengan adanya jembatan jarak yang harus ditempuh menjadi lebih dekat. Anak-anak sekolah juga merasa senang, karena mereka dapat melintasi jembatan yang baru dengan aman.”tandasnya.

Menurut Solihin, Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, jembatan yang dibangun oleh Alfamart Alfamidi merupakan wujud kepedulian sosial yang mengutamakan kebutuhan masyarakat yang sangat mendesak, “Oleh karena itu ke depannya kami bersama Yayasan Relawan Kampung Indonesia berencana membangun jembatan di daerah lainnya," paparnya.
Sebagai perusahaan Nasional, kata Solihin, Alfamart Alfamidi ingin berkontribusi membantu Pemerintah Daerah dalam membangun infrastruktur seperti jembatan antar kampung. Dengan demikian, anak-anak dapat bersekolah ke luar kampung yang lebih maju dan perekonomian daerah bisa lebih berkembang.

Arif Kirdiat, Ketua Yayasan Relawan Kampung Indonesia, menjelaskan bahwa pembangunan jembatan yang dikerjakan para relawan juga melibatkan warga sekitar, sehingga kelak masyarakat akan merasa memiliki jembatan tersebut.
Menurut Arif, sebelum jembatan Gelagar Besi di Cileles Lebak Banten dibangun, masyarakat harus menggunakan Jembatan sederhana yang hanya terbuat dari batang bambu. Struktur jembatan yang rapuh sangat membahayakan karena saat hujan turun jembatan menjadi sangat licin sehingga menyulitkan masyarakat untuk melintas. Padahal akses jembatan tersebut sangat penting bagi roda perekomian karena menghubungkan antar kampung. Selain itu, akses tersebut digunakan anak-anak kampung untuk jalan menuju sekolahnya.

Adapun berdirinya jembatan di Dusun I, Desa Rawa Selapan Kecamatan Candi Puro Lampung Selatan ini, merupakan jembatan kedua yang telah dibangun kerjasama Alfamart Alfamidi.

Sekilas tentang PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA Tbk

PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. merupakan perusahaan pengelola jaringan minimarket Alfamart. Sejak didirikan pada tahun 1999, hingga kini Alfamart telah memiliki 23 Kantor Cabang / Distribution Center yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali Lombok dan Sulawesi dengan jaringan 8.096 toko. Alfamart juga merupakan minimarket pertama yang meraih Sertifikat ISO 9001:2000 pada tahun 2007. Sepanjang tahun 2013, Alfamart mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya, Indonesia Most Admired Companie s (IMAC) Award 2013 dari Lembaga Konsultan Frontier dan Majalah Bloomberg Businessweek, Penghargaan Rekor Bisnis (REBI) 2013 dari Tera Foundation bekerja sama dengan harian Seputar Indonesia dan Alfamart juga berhasil dalam membangun Top of Mind Share, Top of Market Share dan Top of Commitment Share dengan dibuktikan melalui penghargaan TOP Brand Award dari Lembaga Konsultan Frontier dan Majalah Marketing. Pada bulan Januari 2013, PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. membeli saham PT. Midi Utama Indonesia Tbk. Pengelola Alfamidi, Alfa Ekspress & Lawson) sebanyak 1,2 milyar lembar (41,825%) dari PT. Amanda Cipta Persada. Dengan kepemilikan ini maka PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. merupakan pemegang saham mayoritas atas PT. Midi Utama Indonesia Tbk yang kini memiliki 676 Toko yang terdiri dari 543 Alfamidi, 70 Alfa Express dan 63 Lawson yang tersebar di Jabodetabek dan beberapa wilayah di Luar Jawa.

Sekilas tentang YAYASAN RELAWAN KAMPUNG INDONESIA

Yayasan Relawan Kampung Indonesia adalah organisasi nirlaba dengan sistem keanggotan terbuka dan didirikan pada 2009. Untuk kali pertama Relawan Kampung membangun jembatan di Kampung Cibeas di Selatan Desa Sawarna Banten. Membangun jembatan yang rusak dan hanyut terbawa banjir. Hanya bermodal 15 juta rupiah yang diperoleh dari donatur, dalam waktu yang relatif singkat jembatan itu dapat dipakai kembali.

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi :
Nur Rachman
Corporate Communication GM
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.
Tel : +62 21 557-55966
Email : nrachman@sat.co.id

Pewarta : -
Editor :
Copyright © ANTARA 2024