"Masa tanggap darurat akan berakhir pukul 00.00 WIB dini hari nanti. Saat ini Kepala Pelaksana harian BPBD Banjarnegara sedang diskusi dengan Bupati Banjarnegara terkait masa transisi darurat," kata petugas Posko Siaga Darurat Bencana Kawah Timbang BPBD Banjarnegara Andri Sulistyo di Kecamatan Batur, Banjarnegara, Sabtu.

Dalam masa transisi darurat, kata dia, posko rencananya akan ditarik ke Kantor BPBD Banjarnegara.

Oleh karena Kawah Timbang masih berstatus "siaga", kata dia, petugas BPBD nantinya akan memantau secara "mobil".

"Kita nantinya akan naik-turun dari Banjarnegara ke Kawah Timbang di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur. Jadi, pemantauannya secara mobil," katanya.

Ia mengatakan masa tanggap darurat di Dataran Tinggi Dieng sebenarnya ada dua, yakni bencana gempa bumi yang terjadi pada Jumat (19/4) malam, dan bencana Kawah Timbang.

Kendati masa tanggap darurat telah berakhir, kata dia, petugas BPBD untuk sementara masih bertahan di Posko Siaga Darurat Bencana Kawah Timbang yang berlokasi di Rumah Dinas Camat Batur.

"Kita masih bertahan di sana, semua peralatan di Pos Simbar ditarik ke kecamatan (posko, red.), sambil menunggu perkembangan dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi). Kita akan tarik pelan-pelan," katanya.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024