"Kegiatan ini penting karena sastra bisa dijadikan media untuk menyampaikan pesan moral kepada siswa. Diharapkan dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat memiliki karakter yang terpuji." kata ketua panitia Jojok Suparjo di Magelang, Jumat.

Kegiatan yang sekaligus untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2013 bekerja sama dengan Dewan Kesenian Kota Magelang itu, rencananya di aula Dinas Pendidikan Kota Magelang pada Sabtu (4/4). Hari Pendidikan Nasional jatuh pada 2 Mei.

Tema lokakarya adalah "Sastra sebagai Alternatif Wahana Berkreasi", sedangkan narasumber Joni Ariadinata (Redaktur Majalah Sastra Horison) dan Gunawan Maryanto (aktor dan penulis Teater Garasi Yogyakarta).

"Kedua narasumber yang telah banyak melahirkan karya sastra tersebut, akan menuntun dan mengarahkan peserta agar dapat menulis cerpen dan puisi dengan cepat, mudah, dan berkualitas," katanya.

Pada kesempatan itu, diluncurkan buku kumpulan cerita anak "Tepukan Tiga Kali" karya Wicahyanti Rejeki.

Wicahyanti adalah guru SMP Kristen 1 Kota Magelang dan juga pegiat Dewan Kesenian Kota Magelang. Dia juga pernah memenangi penulisan naskah buku puisi anak tingkat nasional pada 2012 yang diselenggarakan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementeriam Pendidikan dan Kebudayaan.

"Peluncuran buku itu tepat karena melalui suatu cerita, anak dapat menangkap pesan kehidupan tanpa merasa sedang diceramahi," katanya.

Ia mengharapkan peluncuran buku itu juga mendorong para guru lainnya untuk menerbitkan buku.


Pewarta : M Hari Atmoko
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024