"Lima pasangan tersebut telah memenuhi syarat dan akan menjadi peserta Pilkada Temanggung, yang pelaksanaannya bersamaan dengan pemilihan Gubernur Jawa Tengah, 26 Mei 2013," kata Ketua KPU Kabupaten Temanggung Sujatmiko di Temanggung, Kamis.

         Ia mengatakan hal tersebut usai rapat pleno penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Temanggung pada Pilkada 2013.

         Lima pasangan calon tersebut adalah Fuad Hidayat-Andoyo yang diusung oleh PKB dan Gerindra, Hadi Kuswanto-Tri Murdoko dari calon perseorangan, Anif Punto Utomo-Budidoyo diusung PAN, Budiarto-Dedi Haryadi diusung koalisi PPP, PKNU, Demokrat, Hanura, dan Golkar, kemudian Bambang Sukarno-Irawan Prasetyadi diusung oleh PDI Perjuangan.

         "Hasil rapat pleno yang kami gelar hari ini memutuskan bahwa kelima calon tersebut telah lolos semua tahapan dan dapat dinyatakan sebagai pasangan calon tetap pada Pilkada Kabupaten Temanggung," katanya.

         Ia mengatakan, sesuai dengan hasil verifikasi administrasi dan verifikasi faktual, kelima calon tersebut telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Persyaratan-persyaratan yang sebelumnya masih kurang telah dilengkapi hingga batas akhir penyetoran berkas.

         Khusus untuk calon dari jalur perseorangan, kata dia, sebelumnya kurang sebanyak 1.886 dukungan telah dilengkapi. Pasangan ini mengajukan tambahan sebanyak 4.539 dukungan.

         "Hasil verifikasi faktual daru tambahan dukungan tersebut yang memenuhi syarat sebanyak 3.286 dukungan, yang tidak memenuhi syarat sebanyak 1.253 dukungan," katanya.

         Ia mengatakan, untuk pasangan lainnya, rata-rata kurang pada legalisasi ijazah dan surat keterangan dari pengadilan. Namun, persyaratan tersebut telah dipenuhi hingga batas waktu yang ditetapkan.

         Sujatmiko mengatakan, selanjutnya pada 6--10 Maret 2013 akan dilakukan pembahasan jadwal kampanye bersama tim sukses masing-masing pasangan calon, kemudian pada tanggal 11 Maret 2013 dilakukan pengundian nomor urut peserta pilkada.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024