Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta H Imam Haromain Ashari melalui Kepala Sub Bagian Pusat Pengumpulan dan Pengolahan Data Badrussalam di Donohudan Boyolali, Rabu, mengatakan bagi calon haji yang terkena cacar air harus dinyatakan sembuh total untuk dapat berangkat ke Tanah Suci.

"Dikhawatirkan menular ke jemaah lainnya satu kloter (jika dipaksakan berangkat, red.)," katanya.

Zaenal Arifin tergabung dalam kloter 44. Ia dinyatakan harus dirawat di RS AURI setelah menjalani cek kesehatan terakhir oleh tim medis poliklinik setempat.

Badrussalam menambahkan selain Zaenal, ada enam calon haji lainnya yang juga harus menjalani perawatan di rumah sakit yakni Jupriyakin (70), Urip Sunoko (49), Saman (55), ketiganya kloter 45 asal Demak, Romnah (49) kloter 44, Suradi (71), Murdasih (54) keduanya kloter 45 (Demak).

"Para calon haji asal Demak yang dirujuk tersebut, kebanyakan menderita penyakit gula dan satu orang di antaranya hipertensi diperkirakan karena kelelahan," katanya.

Jumlah calon haji yang dirawat di rumah sakit hingga hari ke-13 keberangkatan saat ini menjadi delapan jemaah. Sebelumnya satu jemaah asal Banyumas Sukasno yang tergabung kloter 16 sudah dirawat di RS Moewardi Solo, sejak tanggal 24 September 2012.

Wakil Sekretaris III PPIH Embarkasi Surakarta H. Muhammad Syafiq, mengatakan, jemaah yang sakit di asrama haji tersebut masalah biaya perawatan di rumah sakit akan ditanggung oleh pemerintah.

PPIH Embarkasi Surakarta, Rabu ini, memberangkatkan tiga kloter yakni 40, 41, dan 42. Kloter 40 asal Kota Semarang dan Yoyakarta, berangkat ke Tanah Suci, pada pukul 07.19 WIB, kemudian disusul kloter 41 asal Kota Semarang, pukul 13.04 WIB.

Rombongan calon haji kloter 42 asal Kota Semarang dijadwalkan diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, sekitar pukul 23.15 WIB.

Untuk rombongan jemaah calon haji kloter 43, 44, dan 45 asal Demak, sudah tiba di asrama haji Donohudan, Rabu ini. Jemaah tiga kloter itu, rencananya diterbangkan ke Tanah Suci, Kamis (4/10).

Jumlah jemaah calhaj yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci, hingga kloter 41 pada hari ke-13 ini, mencapai 15.323 jemaah dari total 32.821 orang.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024