Boyolali (ANTARA) - Enam Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yaitu Tabungan Bersama Kabupaten Boyolali menggelar pengundian hadiah tahunan bagi nasabah pada acara Gebyar Undian Tabungan Bersama Periode 11 2024 di Panti Marhaen Siswodipuran, kabupaten setempat, Jawa Tengah.

Enam BPR tersebut yakni PT BPR Bank Boyolali (Perseroda), PT BPR Aksayasa Ageng, PT BPR Bank Gunadaya, PT BPR Mitra Pandanaran Mandiri, PT BPR Nusamba Ampel, dan PT BPR Artareksa Sejahtera. Mereka tergabung dalam badan kerja sama Tabungan Bersama, kata Direktur PT BPR Artareksa Sejahtera Boyolali, Suprawesti, di Boyolali, Rabu.

Suprawesti mengatakan tabungan tersebut diharapkan memberikan kepuasan dan rasa aman ke para nasabah karena tabungan ini dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Tabungan Bersama ini, pertama kali diluncurkan pada tanggal 6 Oktober 2013 dan pengundian dilaksanakan pada bulan Oktober setiap tahunnya.

Ia mengatakan dana masyarakat yang berhasil terhimpun luar biasa dan terdapat peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun pertama, Tabungan Bersama berhasil mendapatkan nasabah sebanyak 5.311 rekening tabungan, dengan saldo Rp12,212 miliar. Dan, pada periode 11 ini, mampu memperoleh 17.730 rekening tabungan bersama dengan saldo Rp58,541 miliar.

"Jadi hal ini, menjadi tolak ukur kesadaran masyarakat akan manfaat menabung, penarikan undian tabungan ini, diharapkan dapat menjalin hubungan antara bank dan nasabah," katanya.

Sementara itu, Perwakilan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo Yunita Candra Devi mengungkapkan adanya Tabungan Bersama ini, diharapkan menjadi salah satu media untuk meningkatkan daya saing.

Ia juga mengatakan dampak COVID hingga saat ini, masih dirasakan melalui masih tingginya angka Non Performing Loan (NPL). Di Soloraya angka NPL cukup tinggi meningkat hingga 42 persen, namun di Boyolali peningkatan NPL masih diangka 21 persen. Kemudian dari segi kredit Kabupaten Boyolali meningkat diangka 2,8 persen, untuk tabungan meningkat diangka 15 persen, dan yang terakhir untuk deposito tumbuh hingga 1,5 persen.

"Jadi secara over all itu, di Boyolali pertumbuhan perbankan tumbuh positif, walaupun masih di bawah Soloraya namun angkanya menunjukkan angka yang positif, sehingga kami berharap kedepan juga bisa terus meningkat dan dipertahankan," ungkapnya.

Adapun hadiah yang diundi pada hari ini, adalah tiga unit mobil Daihatsu Ayla sebagai Grand Prize, 12 unit sepeda motor Yamaha Mio, 12 unit sepeda gunung, 12 unit LED V 32 inci, dan 12 unit lemari es. Untuk diketahui, pemenang Grand Prize tiga unit mobil Daihatsu Ayla adalah Partini, Budi Karyadi, dan Muchlis. Ketiganya merupakan nasabah dari PT BPR Bank Boyolali.


Baca juga: BKPSDM Boyolali gelar pelatihan konvensi hak anak 2024

 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024