Kudus (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mencatat stok kebutuhan pokok di pasaran tersedia cukup, sedangkan harga kebutuhan pokok pekan ini cenderung stabil.

"Hasil pendataan di lapangan, hampir semua komoditas bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat tersedia cukup," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Didik Tri Prasetya di Kudus, Rabu.

Ia mencontohkan untuk stok beras medium hasil pendataan tanggal 30 September 2024 tersedia 18.493 ton, sedangkan kebutuhan di Kudus sebanyak 7.596 ton.

Sementara komoditas lainnya, yakni bawang putih tersedia 329 ton, bawang merah 534 ton, cabai merah kriting 237 ton, cabai rawit merah 173 ton, daging ayam 778 ton, telur 705 ton, dan gula pasir 1.212 ton.

"Mayoritas komoditas pokok yang tersedia mengalami surplus dari kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Ia mengungkapkan stok kebutuhan pokok yang tersedia itu, merupakan stok berjalan di masing-masing pedagang besar di Kabupaten Kudus.

Sehingga, kata dia, stoknya juga berfluktuasi, namun sejauh ini ketersediaannya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Kudus.

"Bahkan, kami perkirakan hingga satu bulan mendatang stok kebutuhan pangan di Kabupaten Kudus tersedia aman," ujarnya.

Karena stok kebutuhan pangan tersebut bersifat dinamis, maka pihaknya juga akan terus memantau ketersediaannya di pasaran.

Sementara dalam rangka menjaga harga jual komoditas pokok tetap stabil, pihaknya juga menggelar gerakan pangan murah dengan menyediakan berbagai komoditas pokok yang dibutuhkan masyarakat. Terutama beras dengan menggandeng Perum Bulog melalui beras berlabel stabilitas pasokan dan harga pangan (SPHP) dan gabungan kelompok tani (Gapoktan) untuk menyediakan beras dengan harga jual lebih murah dibandingkan harga jual pasaran.

Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kudus Minan Muchammad mengungkapkan harga kebutuhan pokok masyarakat pekan ini memang cenderung stabil.

Misal, untuk harga beras jenis IR 64 premium dijual Rp15.000 per kilogram, sedangkan jenis medium dijual Rp13.000/kg. Sedangkan gula pasir dijual Rp16.500/kg, telur ayam ras Rp26.000/kg.

Sementara bawang merah dijual Rp23.000/kg, bawang putih dijual Rp37.000/kg, dan cabai merah besar dijual Rp32.000/kg.


Baca juga: Disbudpar Kudus gandeng perusahaan rokok gelar pameran sejarah kretek

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024