Semarang (ANTARA) - Empat partai nonparlemen mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Agustina Wilujeng Pramestuti-Iswar Aminuddin pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Semarang 2024.

Deklarasi berlangsung di Posko Pemenangan Agustina-Iswar, Semarang, Jumat malam, dihadiri para pimpinan empat parpol nonparlemen dan Agustina-Iswar.

Empat parpol tersebut, yakni Partai Hanura, Partai Ummat, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Hadir para pimpinan parpol, yakni Ketua DPC PBB Kota Semarang Rully Adhi, Ketua Partai Ummat Bambang Setyo Sridono, Ketua Hanura Agung Setyo Tjahyono, dan Ketua PKN Sutejo.

Empat pimpinan parpol tersebut mengawali dengan memberikan sambutan secara bergantian. Setelah itu, sambutan dari Ketua Tim Pemenangan Agustina-Iswar, Kadarlusman.

Setelah itu, pembacaan deklarasi oleh perwakilan empat parpol nonparlemen yang mendukung Agustina-Iswar pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Semarang 2024.

"Koalisi partai pendukung, yakni Partai Hanura, PBB, Partai Ummat, PKN secara sepakat bersama menyatakan dukungan sepenuhnya kepada pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut 1, Agustina-Iswar," kata perwakilan dari Partai Hanura ketika membacakan deklarasi ditirukan seluruh partai.

Selain Partai Ummat, ketiga parpol nonparlemen tersebut sebelumnya merapat ke pasangan Yoyok Sukawi-Joko Santoso.

Sementara itu, Calon Wali Kota Semarang Agustina Wilujeng sangat gembira dengan bertambahnya parpol pendukung yang merapat.

"Luar biasa ya, mereka sudah bersama kami sejak pendaftaran di KPU (Komisi Pemilihan Umum), yang Partai Ummat. Selebihnya, seminggu setelah pendaftaran ke KPU," katanya.

Bahkan, kata dia, keempat parpol nonparlemen tersebut ikut PDI Perjuangan selaku partai pengusung Agustina-Iswar untuk berkeliling kampanye di 16 kecamatan di Kota Semarang.

Untuk target perolehan suara, Agustina optimistis bisa meraih 60 persen, apalagi dengan bertambahnya parpol pendukung yang merapat ke pasangan nomor urut 1 itu.

"Karena head to head, harus 60 persen (perolehan suara). Semangat, PDI Perjuangan, empat partai ini, relawan, dan banyak pendukung yang lain yang tidak kelihatan mulai memberikan support," katanya.

Pilkada Kota Semarang diikuti dua pasangan calon, yakni Agustina Wilujeng Pramestuti-Iswar Aminuddin yang diusung PDI Perjuangan.

Sementara itu, pasangan Yoyok Sukawi-Joko Santoso yang diusung sembilan parpol, yakni Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai NasDem.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024