Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah bekerja sama dengan Bapanas mendistribusikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) tahap ketiga tahun 2024 kepada 28.117 keluarga penerima manfaat (KPM).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan Lili Sulistyawati di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa beras yang diberikan kepada KPM sebelumnya sudah melalui uji kualitas dan kuantitas bersama Perum Bulog.

"Sebelum didistribusikan kepada masyarakat kami sudah uji langsung bahwa rasa beras lokal tersebut enak dan kualitasnya bagus," katanya.

Beras yang dibagikan kepada KPM merupakan beras lokal dari petani-petani sekitar Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, dan Pemalang.

Menurut dia, penyaluran bantuan CBP tahap ketiga ini merupakan alokasi Agustus, Oktober, dan Desember 2024.

Sebelumnya, penyaluran bantuan BP tahap satu dan tahap kedua dilakukan setiap bulan. Namun untuk tahap selanjutnya dilakukan dua bulan sekali berupa bantuan beras 10 kilogram setiap KPM.

"Penyaluran CBP ini merupakan tahap terakhir selama masa pemerintahan Presiden Jokowi. Bapanas bekerja sama dengan Perum Bulog sebagai penyedia berasnya, kemudian ada PT Jasa Prima Logistik sebagai penyalur dan mendistribusikan di 27 kelurahan secara bertahap," katanya.

Lili Sulistyawati mengatakan pada penyaluran tahap terakhir ini akan dibagikan kepada KPM di wilayah Kecamatan Pekalongan Timur dan Kecamatan Pekalongan Utara.

"Sehari sebelumnya kami juga telah mendistribusikan kepada keluarga penerima manfaat yang berada di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat dan Pekalongan Selatan," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024