Magelang (ANTARA) - Penjabat Sementara Wali Kota Magelang Ahmad Aziz saat bertemu dengan para wartawan di Rumah Makan Kebon Semilir Kota Magelang, Jumat (4/10), menekankan pentingnya peranan pers dalam memperkuat demokrasi.

Dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang di Magelang, Sabtu, ia mengemukakan bahwa jurnalis sebagai penyebar informasi yang akurat dan berimbang memiliki kontribusi besar dalam mengawal jalannya pemerintahan yang baik dan demokratis.

"Jurnalis, media, atau pers adalah salah satu pilar demokrasi, termasuk kontrol pemerintah. Maka perlu kita jaga. Pada masa 'pesta demokrasi' ini saya pesan mari sama-sama menjaga iklim kondusif supaya berjalan baik, ayem, tenteram, rakyat bahagia," ujarnya.

Dia mengharapkan pers di Kota Magelang terus meningkatkan kualitas pemberitaan sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan tidak mudah terprovokasi oleh berita bohong

"Kadang netizen itu 'nakal', maka tugas wartawan untuk klarifikasi, jadilah wartawan yang bertanggung jawab, karena berkontribusi terhadap kualitas pembangunan dan demokrasi," kata Aziz yang juga Kepala Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah itu.

Ketua PWI Kota Magelang Wiwit Arief Setyoko mengatakan hubungan jurnalis dengan Pemerintah Kota Magelang sejauh ini sudah berjalan baik.

Kendati demikian, katanya, peran kontrol pemerintah maupun sosial dengan mengedepankan etika jurnalistik tetap dijunjung tinggi, terlebih pada Pilkada 2024.

Pertemuan dengan awak media kontributor Kota Magelang dan sekitarnya itu, forum ramah tamah sekaligus perkenalan Pjs Wali Kota Magelang Ahmad Aziz yang baru saja dilantik memimpin Kota Magelang selama wali kota definitif cuti di luar tanggungan negara.

Melalui pertemuan itu diharapkan terjalin komunikasi yang baik antara pemerintah dengan media. Kegiatan itu juga dihadiri Sekda Kota Magelang Hamzah Kholifi, Asisten 1, 2, dan 3 Sekda Kota Magelang, Kepala Diskominsta Kota Magelang, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Magelang, dan segenap tamu undangan.
 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024