Semarang (ANTARA) - PT Kalbe Morinaga Indonesia memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) salah satunya untuk melakukan kontrol kualitas, sehingga lebih efektif, dapat mengeliminasi kesalahan, dan memastikan produk yang aman juga bernutrisi tinggi bagi konsumen. Langkah tersebut salah satu contoh penerapan standar tinggi dalam aspek proses manufakturnya. 

"Proses otomatisasi manufaktur yang digunakan memungkinkan tingkat presisi yang tinggi dalam setiap tahap produksi dan memastikan kualitas produk yang konsisten. Dengan inisiasi penggunaan AI, kami dapat melakukan kontrol kualitas secara efektif, mengeliminasi kesalahan, dan memastikan produk yang aman juga bernutrisi tinggi bagi konsumen. Keunggulan ini memberikan jaminan keamanan produk serta kandungan gizi yang optimal untuk tumbuh  kembang anak,” kata Andy Chendra, President Director PT. KALBE Morinaga Indonesia.

 Ia menjelaskan pihaknya selalu mengedepankan kualitas terbaik untuk nutrisi anak, dimulai dari pengadaan bahan baku, proses seleksi yang ketat termasuk melakukan kunjungan ke fasilitas pemasok yang dilakukan untuk menilik proses yang dilakukan agar memberi hasil akhir yang memenuhi standar kualitas. 

Pasokan yang telah diterima, kata dia, diperiksa terus menerus kandungannya secara saksama, untuk menjaga tidak ada penurunan kualitas produk sedikit pun, apalagi kontaminasi bahan berbahaya. Pada kesempatan yang sama, Yudha Agus Tri Basuki, Director PT. Kalbe Morinaga Indonesia memaparkan beberapa penghargaan yang telah diraih perusahaan ini. 

Komitmen Kalbe Morinaga Indonesia, kata Yudha, dalam menjaga standar tertinggi di setiap proses telah diakui melalui berbagai penghargaan bergengsi. ISO-FSSC 22000 sebagai standar keamanan dan kualitas pangan kelas dunia. TPM Special Award adalah penghargaan tingkat dunia yang diberikan oleh Pemerintah Jepang sebagai pengakuan atas praktik manajemen produktivitas total, memastikan efisiensi, dan kualitas tinggi di seluruh lini produksi. 

Pengakuan Lighthouse 4.0 dari Pemerintah Indonesia (Kemenperin) dianugerahkan kepada pabrik yang telah menunjukkan kepemimpinan dalam mengadopsi teknologi Industri 4.0, termasuk otomatisasi dan AI, untuk  meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan. 

"Selain itu, penghargaan Proper Kategori Biru mencerminkan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan lingkungan melalui praktek bisnis yang ramah lingkungan dan memiliki komitmen terhadap berkelanjutan atau sustainability. Untuk mendapatkan pengakuan atau penghargaan yang bersifat internasional seperti TPM tentu bukan usaha yang mudah. Untuk mendapatkan TPM Special Award membutuhkan waktu 15 tahun lamanya. Ini artinya membutuhkan komitmen yang penuh terhadap proses yang terus menerus disempurnakan untuk menghasilkan produk terbaik dan teraman bagi anak  Indonesia. Kami sendiri optimis kategori World Class akan bisa diraih tak lama lagi," kata Yudha.

Ronald Unadi, Director of Woman, Baby, and Children Nutrition Kalbe Nutritionals menambahkan menjelang 40 tahun eksistensi Morinaga di Indonesia, Kalbe Morinaga Indonesia berkomitmen untuk terus menghadirkan produk nutrisi anak berkualitas tinggi yang aman dan terjamin. 

“Strategi yang diterapkan, menekankan keunggulan teknologi, standar manufaktur tinggi yang dikombinasikan  dengan pengalaman panjang dan belajar dari berbagai sumber terbaik di seluruh dunia telah menghasilkan produk nutrisi terbaik yang mampu mendukung tumbuh kembang anak optimal. Kami berkomitmen terus memberikan orang tua Indonesia, produk nutrisi terbaik yang membantu  mereka menjaga dan membesarkan buah hatinya secara optimal,” tutup Ronald Unadi.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024