Semarang (ANTARA) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Walisongo mengadakan Internasional Seminar dengan tema Exploring Islamic Culture and Civilization For Peaceful Plural Society pada Kamis (3/10/2024) di Teater Lantai 4 Gedung KH Saleh Darat. 

Pemateri seminar internasional yaitu Prof. Oliver Scharbodt dari Centre for Theology and Religious Studies dari Lund University, Sweden dan Pemateri kedua Ketua Senat UIN Walisongo Prof.Dr.H.Abdul Djamil,M.A. Kegiatan dibuka oleh Dr.Anthin Latifah,M.Ag Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Walisongo dan diikuti oleh lebih dari 200 mahasiswa dan dosen.  

Dr.Anthin Latifah,M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan masalah keagamaan sudah ada sejak awal peradaban manusia dan berkontribusi dalam peradaban manusia. Sejarah peradaban Islam memberikan pandangan dan pendekatan dari tradisi dan ajaran Islam untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Melalui seminar ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan peradaban dunia, terutama bagi kejayaan Islam di masa depan," katanya. 

Prof.Oliver Scharbrodt menyampaikan paparannya tentang From Tammadun to Madaniyya Progress and Civilization in the Reformis Discourse of Muhammad Abduh (1849 -1905).

Madani berasal dari kota dalam arti beradab tapi juga sipil. Madaniya dimaknai sebagai kondisi beradab atau peradaban. Sedangkan tamadun bermakna pemukiman kembali suku nomaden di perkotaan untuk membentuk dinasti (dawla).

Pembacaan tamadun menurut Muhammad Abduh secara evolusi dimaknai dari suku ke bangsa, dari solidaritas kesukuan ('asabiyya) menuju patriotisme (wataniyya). Patriotisme disini adalah cinta tanah air (Watan) yang membangkitkan daya upaya dengan mengerahkan segenap tenaga untuk merengkuh apapun yang mendatangkan kemajuan dan keselamatan. 

Sedangkan Madaniyya dalam jurnal Al-'urwa Al-wuthqa dimaknai setiap bangsa mencapai kekuasaan dibawah panji ini ketika kekuatan dan peradabannya madaniyah terletak pada kepatuhan terhadap ajaran Islam. 

Kesimpulan dari paparan Prof.Oliver adalah adanya kesinambungan antara penulisan jurnalistik dan jurnal Al-Urwa Al Wuthqa oleh Muhammad Abduh mengenai From Tammadun to Madaniyya. 

Jika Prof. Oliver memaparkan tentang modernisasi, Prof.Abdul Jamil membahas tentang Javanese Islam Manuscript (between Ortodoxy and Misticism.

Prof. Abdul Jamil memaparkan Islam di Indonesia tidak Ortodok tetapi lebih Misticism seperti adanya mujahadah, Dzikir nasional, Tarekah dan sufi. 

Rektor Universitas Nahdlatul Ulama ini menyampaikan naskah Jawa di Indonesia dibagi menjadi tiga golongan yaitu naskah periode awal di Jawa (cenderung mistis), Naskah tentang tata cara peribadatan dan naskah tentang eskatologi. 

"Naskah periode awal bercorak mistik Islam memuat ajaran mistik seperti primbon, juga naskah tentang nyanyian suluk dan naskah memuat ajaran mistik seperti serat Centini dan Cabolek. Naskah kedua memuat ajaran rukun Islam dan yang ketiga berisi informasi tentang dunia dan menunggu kedatangan imam Mahdi seperti wasiyatun nabi," pungkasnya
 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024