Semarang (ANTARA) - Universitas Semarang (USM) berhasil meraih predikat "Baik Sekali" dalam kategori Akademik Liga 1 Tahun 2024 pada penilaian Sistem Informasi Kinerja Tata Kelola Kemahasiswaan (Simkatmawa) yang diumumkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Penilaian tersebut berdasarkan verifikasi dokumen pada tahun 2022 dan 2023.

Wakil Rektor III USM Bidang Kemahasiswaan, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini. 

"Universitas Semarang sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah patut bersyukur, karena berhasil memperoleh predikat 'Baik Sekali' dalam pemeringkatan Simkatmawa tahun ini. Kami berada di kategori Akademik Liga 1, liga tertinggi dengan jumlah mahasiswa aktif lebih dari 18.000 orang," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pencapaian ini tidak lepas dari prestasi mahasiswa yang terus berkembang, berkat arahan Rektor Universitas Semarang, Dr Supari ST MT. 

"Posisi ini tentunya menjadi sebuah perolehan besar yang akan terus kami pertahankan dan tingkatkan di tahun-tahun mendatang. Bimbingan dari Rektor juga sangat berperan penting dalam mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi di berbagai bidang," tambah Junaidi.

Prestasi ini menunjukkan komitmen USM dalam menjaga dan meningkatkan kualitas tata kelola kemahasiswaan serta mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. Dengan hasil ini, USM semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi unggulan di Indonesia.

Predikat "Baik Sekali" dalam Simkatmawa 2024 memberikan motivasi bagi USM untuk terus meningkatkan kinerja di masa yang akan datang, serta berkontribusi dalam membentuk generasi muda yang unggul dan berdaya saing. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024