Solo (ANTARA) - Jumlah investor pasar modal di Solo Raya tumbuh positif menyusul sosialisasi terkait hal tersebut yang terus dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia bekerja sama dengan mitra terkait.

Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Jawa Tengah II M Wira Adibrata di Solo, Jawa Tengah, Kamis mengatakan pertumbuhan investor di Solo Raya per 31 Agustus tahun lalu sebanyak 239.000 investor.

"Tahun ini naik dari periode sama tahun lalu, yakni sebanyak 267.000 investor pasar tahun ini," katanya.

Bahkan, pihaknya optimistis sampai dengan akhir tahun ini jumlah investor pasar modal di Solo Raya akan bertambah kurang lebih 5.000 investor lagi.

Sementara itu, di level nasional BEI juga mencatatkan pencapaian baru dalam jumlah investor saham yang telah melampaui 6 juta single investor identification (SID) atau lebih tepatnya 6.001.573.

Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan di sepanjang tahun ini, BEI telah mencatat pertumbuhan lebih dari 744.000 investor baru saham.

"Peningkatan jumlah investor ini tak lepas dari kontribusi dan kolaborasi dalam melakukan sosialisasi investasi di pasar modal yang dilakukan oleh Self-Regulatory Organization (SRO) dengan didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta berbagai pemangku
kepentingan, seperti anggota bursa, perusahaan tercatat, dan komunitas pasar modal lainnya," katanya.

Ia mengatakan dari awal tahun hingga Agustus, BEI telah melaksanakan lebih dari 17.083 kegiatan edukasi pasar modal yang menjangkau lebih dari 19,1 juta peserta di seluruh Indonesia.

"Sampai dengan Agustus 2024, investor lokal masih mendominasi kepemilikan saham di BEI dengan persentase 51,5 persen, sedangkan 48,5 persen porsi kepemilikan investor asing," katanya.

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan terus berkomitmen untuk
mengembangkan pasar modal Indonesia.

"Salah satu pilar utama dalam pengembangan ini adalah pemberian edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat luas, salah satunya melalui sekolah pasar modal (SPM), pendirian Galeri Investasi (GI) BEI, dan Kampanye #AkuInvestorSaham yang telah berhasil menarik jutaan investor baru," katanya.

Baca juga: BEI targetkan penambahan 2 juta investor baru per tahun

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024