Purwokerto (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berkomitmen untuk melakukan pembinaan olahraga sejak dini melalui berbagai kegiatan dalam upaya melahirkan atlet-atlet berprestasi.

"Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, dalam hal ini dilaksanakan oleh teman-teman MGMP Penjaskes," kata Kepala Dindik Kabupaten Banyumas Joko Wiyono usai penyerahan Piala Kadindik Kejuaraan Bola Voli dan Futsal Tingkat SMP di halaman Kantor Dindik Kabupaten Banyumas, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa.

Terkait dengan hal itu, dia memberikan respons positif kepada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bagus tersebut.

Dalam hal ini, kata dia, MGMP Penjaskes telah melakukan salah satu langkah untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

"Itu sudah dimulai dari usia dini atau usia-usia dasar agar mereka memulai pola hidup sehat," katanya.

Ia mengatakan dalam hal pembinaan olahraga di lingkungan sekolah, pihaknya secara kebetulan mempunyai kegiatan yang bersifat rutin dan menjadi bagian dari upaya untuk melahirkan atlet-atlet yang berprestasi ke depannya.

Selain Kejuaraan Bola Voli dan Futsal "Piala Kadindik", kata dia, pihaknya juga menyelenggarakan "Kadindik Cup" untuk olahraga sepak bola dan bola voli yang diselenggarakan setiap tahun.

"Jadi, setiap tahun kita ada kegiatan yang bersifat keolahragaan untuk memantik teman-teman agar tampil, muncul atlet yang berbobot ke depannya," katanya.

Disinggung mengenai rencana penyelenggaraan lomba permainan tradisional, dia mengatakan pihaknya sedang mengagendakan kegiatan tersebut bersama MGMP agar pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2025 dapat diselenggarakan lomba permainan tradisional seperti lari egrang dan gobak sodor.

Kendati demikian, dia mengakui pihaknya harus menyiapkan dengan sebaik-baiknya karena saat sekarang tidak semua siswa mengenal permainan tersebut.

"Maka dimulai dari sekolah untuk mengenalkan jenis kegiatan permainan tradisional sebagai bekal pada saat tahun depan kita laksanakan dalam rangka Hardiknas, mereka sudah siap," kata Kadindik.

Hasil Kejuaraan Bola Voli dan Futsal "Piala Kadindik" Tingkat SMP dalam rangka Haornas Tahun 2024, yakni untuk cabang olahraga bola voli putri, juara 1 diraih SMPN 1 Rawalo, juara 2 diraih SMPN 1 Patiraja, serta juara 3 bersama diraih SMPN 2 Wangon dan SMPN 1 Ajibarang.

Cabang olahraga bola voli putra, juara 1 diraih SMPN 1 Gumelar, juara 2 diraih SMPN 2 Wangon, serta juara 3 bersama diraih SMPN 2 Pekuncen dan SMPN 2 Gumelar.

Sementara untuk cabang olahraga futsal, juara 1 diraih SMPN 1 Ajibarang, juara 2 diraih SMPN 1 Jatilawang, serta juara 3 bersama diraih SMPN 2 Sokaraja dan SMPN 1 Purwokerto.

Baca juga: Kabupaten Banjarnegara siap sukseskan Porsadin Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024