Semarang (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah terus menyiapkan lulusan MAN bisa lulus dalam seleksi perguruan tinggi negeri (PTN) dan salah satu upayanya dengan menggelar Workshop Sukses SNBT MAN Jawa Tengah, Siapkan Siswa Hadapi Seleksi Perguruan Tinggi.

Kegiatan yang berlangsung dari Sabtu sampai dengan Minggu, 21-22 September 2024, di sebuah hotel di Semarang tersebut diikuti 130 peserta yang terdiri dari Wakamad Bidang Kurikulum dan Guru BK pada MAN di Jawa Tengah serta menghadirkan narasumber dari LP2MM Undip, PPMB UIN Walisongo Semarang, dan Praktisi ITB Bandung.

Kakanwil Kemenag Jateng Musta'in Ahmad mengakui perkembangan dunia digital menjadikan segala hal dikendalikan oleh teknologi, termasuk di lingkungan pendidikan. Satuan pendidikan dengan keunggulannya masing-masing menjanjikan fasilitas dalam membekali anak-anak didik agar berhasil melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

Musta'in mengatakan diperlukanlah langkah strategis dalam upaya mendukung perkembangan pendidikan siswa untuk memasuki jenjang perguruan tinggi negeri. pada kegiatan Workshop Sukses SNBT MAN Jawa Tengah yang 

Ia berharap kegiatan tersebut dapat memberikan bekal kepada peserta untuk menyiapkan siswa dan siswi madrasah  menghadapi persaingan dalam memasuki perguruan tinggi negeri.

"Karena siswa dan siswi madrasah memiliki kesempatan yang sama dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri sehingga semua punya andil dan peran dalam mewujudkan hal itu," kata Musta'in Ahmad.

Pada kesempatan lain, Ketua Tim Kerja Kurikulum Juair menyampaikan Workshop Sukses SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) MAN Jawa Tengah ini membantu memberikan bekal kepada para peserta untuk dapat memandu dan mengarahkan siswa madrasahnya dalam memilih dan mengikuti SNBT pada perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi keagamaan negeri sesuai dengan potensi, bakat, minat, dan kemampuan siswa.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024