Jepara (ANTARA) - Kepolisian Resor(Polres) Jepara, Jawa Tengah, meningkatkan intensitas patroli di sejumlah objek vital, termasuk di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jepara.

"Langkah ini dilakukan sebagai respons terhadap potensi gangguan keamanan yang dapat menghambat kelancaran proses pemilu," kata Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan di Jepara, Senin.

Ia mengungkapkan keamanan merupakan prioritas utama, mengingat Pilkada 2024 merupakan momentum penting bagi kehidupan politik di Kabupaten Jepara.

Kasi Humas Iptu Rusiyanto yang juga Kasatgas Humas Ops Mantap Praja Candi 2024-2025 menambahkan patroli yang dilakukan personel gabungan Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap Praja (OMP) Candi 2024-2025 Polres Jepara ini mencerminkan komitmen kepolisian dalam menjaga stabilitas daerah.

"Terutama dalam momen-momen krusial seperti Pilkada 2024. Harapannya, langkah antisipatif ini mampu menciptakan rasa aman dan meningkatkan partisipasi publik dalam proses demokrasi," ujarnya.

Dengan situasi yang aman dan terkendali, dia berharap seluruh tahapan Pilkada 2024 di Jepara dapat terlaksana sesuai jadwal, menghasilkan pemimpin yang benar-benar pilihan rakyat.

Pengamanan yang lebih ketat ini, kata dia, bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat selama tahapan Pilkada berlangsung.

“Peningkatan patroli difokuskan pada lokasi-lokasi strategis, seperti kantor KPU dan Bawaslu, serta area publik yang ramai dikunjungi warga. Ini penting untuk memastikan bahwa tahapan Pilkada berjalan tanpa gangguan,” ujarnya.

Selain patroli intensif, Polres Jepara juga terus berkoordinasi dengan instansi terkait guna memperkuat kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman. Sinergi ini dilakukan agar setiap bentuk ancaman terhadap keamanan Pilkada dapat diantisipasi dan ditangani dengan cepat dan tepat.

Patroli personel Polres Jepara, imbuh dia, juga mencerminkan komitmen kepolisian dalam menjaga stabilitas daerah.

Masyarakat juga diimbau untuk turut berperan aktif dalam menjaga keamanan dengan melaporkan setiap aktivitas mencurigakan yang mereka temui di lingkungan sekitar. Partisipasi aktif warga dinilai sangat penting agar pelaksanaan Pilkada dapat berlangsung lancar sesuai dengan harapan semua pihak.

"Dengan dukungan masyarakat serta koordinasi yang solid antar instansi, kami optimistis Pilkada 2024 di Kabupaten Jepara bisa berjalan aman, damai dan sukses," ujarnya.

Pilkada yang aman dan kondusif, kata dia, tidak hanya menjadi harapan para penyelenggara, namun juga merupakan keinginan seluruh elemen masyarakat yang menginginkan perubahan melalui proses pemilu yang adil dan demokratis.
 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024