Solo (ANTARA) - Bakal calon Wali Kota Surakarta Respati Ardi menyebut acara Sekaten yang diselenggarakan oleh Keraton Surakarta mampu menjadi sarana hiburan rakyat sekaligus menggeliatkan ekonomi daerah. 

"Masyarakat dengan penatnya kerja pasti butuh hiburan, jadi ke depan harus tetap ada seperti Sekaten ini," katanya di sela kedatangannya ke acara Sekaten bersama dengan keluarga di Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam. 

Ia mengatakan acara tersebut juga mampu menjadi pusat ekonomi masyarakat. Bahkan, ia menilai Sekaten menjadi salah satu bukti bahwa sebagian masyarakat Solo termasuk anak mudanya lebih menyukai berdagang daripada kerja kantoran. 

"Warga Solo khususnya usia produktif memang basiknya suka berdagang, terbukti dengan pembukaan kuota CPNS yang sepi peminat. Saya tanya kenapa ke warga, ya karena mereka lebih suka jualan," katanya. 

Apalagi, selain Sekaten banyak kegiatan lain yang juga melibatkan banyak pedagang kecil, di antaranya hari bebas kendaraan bermotor yang diselenggarakan seminggu sekali dan pasar seni Gatot Subroto. 

"Sekaten sudah bagus, untuk ke depan bisa dimaksimalkan lagi penataannya jika revitalisasi alun-alun keraton sudah selesai," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut ia mengajak istri dan tiga anaknya untuk menikmati hiburan rakyat tersebut. 

Ia juga sempat menyapa beberapa pedagang dan pengunjung Sekaten. Beberapa dari pengunjung juga terlihat berswafoto dengan Respati.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024