Semarang (ANTARA) - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blora, Jawa Tengah Agus Suyono ikut turun membantu memberikan edukasi klaim peserta melalui Jamsostek Mobile (JMO) dalam rangka memeriahkan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang jatuh tanggal 4 September 2024.

Untuk memberikan layanan yang istimewa di Harpelnas 2024 yang mengusung tema Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi, Agus bersama seluruh karyawan turun langsung memberikan informasi dan membantu proses klaim dari peserta yang datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blora, Rabu (4/9).

Dalam kesempatan itu, para peserta yang hendak mengurus pencairan klaim Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP), maupun peserta yang akan mendaftar sebagai peserta jaminan sosial ketenagakerjaan, serta keperluan lainnya, seluruhnya mendapatkan paket snack/makanan dan diberikan sosialisasi terkait pelayanan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blora.

Agus Suyono dalam sambutannya menjelaskan kembali mengenai salah satu kanal kemudahan layanan klaim yaitu Lapak Asik atau layanan tanpa kontak fisik karena dilakukan secara online dan JMO yang memungkinkan peserta mencairkan dana Jaminan Hari Tua tanpa harus datang ke kantor cabang.

Para peserta pun antusias, mereka juga mendatangi stan (booth) JMO di area gedung kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blora guna untuk mendapatkan penjelasan mengenai beragam fitur JMO seperti aktivasi akun, pengkinian data, cek saldo atau pun tata cara klaim bagi peserta memiliki saldo di bawah Rp10 juta untuk mengajukan klaim melalui online JMO dan peserta yang memiliki saldo JHT di atas Rp10 juta bisa mengajukan melalui kanal online berbasis web Lapak Asik.

"Kami juga memberikan sosialisasi kepada peserta tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan yang dimana BPJS Ketenagakerjaan diamanahi oleh pemerintah untuk menjadi pelaksana Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Kami menjelaskan terkait perlindungan dan manfaat apa saja yang diperoleh peserta BPJS Ketenagakerjaan apabila terjadi risiko kerja," kata Agus.

Untuk memeriahkan acara, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blora juga memberikan games terkait beragam Program BPJS Ketenagakerjaan dan peserta yang bisa menjawab kuis, mendapatkan hadiah.

"Kami juga memberikan souvenir kepada peserta yang datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blora dan mereka melakukan pengkinian data serta mendownload aplikasi JMO," tutup Agus.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024