Semarang (ANTARA) - Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Jawa Tengah berhasil menyelenggarakan Seminar Kepakaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (Semar BIPA) Ke-5 pada Sabtu (31/8/2024).

Acara ini bekerja sama dengan Pusat Bahasa Universitas Pekalongan, dengan mengusung tema “BIPA dan Literasi Digital: Dulu, Kini, dan Nanti”. Semar BIPA kali ini diselenggarakan dalam format bauran, yang memungkinkan peserta hadir secara luring maupun daring.

Semar BIPA merupakan kegiatan 2 tahunan yang diadakan oleh APPBIPA Jawa Tengah, yang tahun ini menghadirkan berbagai sesi menarik dengan diskusi mendalam mengenai Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan literasi digital.

Acara tersebut bertujuan memperluas wawasan tentang bagaimana literasi digital memengaruhi pembelajaran bahasa dan dampaknya dalam konteks global saat ini.

Acara ini dihadiri oleh dosen, praktisi, dan mahasiswa yang memiliki minat dan keahlian di bidang BIPA. Peserta mendapatkan kesempatan berbagi pengetahuan, pengalaman, serta berdiskusi mengenai berbagai isu terkini dan masa depan dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing.

Dengan tema yang diusung tersebut, Semar BIPA 5 mengupas evolusi literasi digital dalam konteks BIPA dari masa lalu, keadaan saat ini, serta proyeksi ke depan.

Diskusi ini diharapkan dapat memberikan pandangan lebih dalam mengenai peran teknologi digital dalam pengajaran bahasa dan bagaimana adaptasi terhadap perubahan tersebut dapat dilakukan.

“Semar BIPA 5 adalah kesempatan emas bagi para dosen, praktisi, dan mahasiswa untuk terlibat dalam dialog produktif mengenai peran dan perkembangan Bahasa Indonesia untuk penutur asing di era digital,” tutur Dr. Wati Istanti, M.Pd., Ketua APPBIPA Jawa Tengah.

“Acara ini tidak hanya menginspirasi, tetapi juga menyediakan wawasan baru untuk memahami tantangan dan peluang dalam pembelajaran bahasa di tengah kemajuan teknologi," katanya  saat menyampaikan sambutan.

“Kami berharap Semar BIPA 5 dapat menjadi jembatan yang menghubungkan berbagai pemangku kepentingan di bidang BIPA dan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan strategi pengajaran bahasa yang relevan dan efektif. Ayo bergabung, jadilah bagian dari transformasi dalam dunia pembelajaran bahasa Indonesia," ajaknya

"Sampai jumpa di Semar BIPA 6," tutupnya untuk memberikan semangat para pegiat BIPA dalam menginternasionalkan bahasa Indonesia. ***
 


Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024