Batang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengatakan bahwa Pemilihan Kepala Daerah 2024 di daerah ini akan diikuti oleh dua pasangan calon bupati dan wakil bupati.

"Ya, kemungkinan akan diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Batang Khikmatun di Batang, Kamis (29/8).

Menurut dia, tahapan pendaftaran pencalonan peserta Pilkada Serentak 2024 ditutup pada tanggal 29 Agustus, pukul 23.59 WIB.

Namun, kata dia, hingga memasuki hari ketiga pendaftaran hingga pukul 13.30 WIB baru satu bakal pasangan calon bupati yang diusung oleh PKB dan PDI Perjuangan, yaitu Fallas-Ahmad Ridwan.

"Kemungkinan sudah ada rencana, sekitar pukul 16.00 WIB akan menyusul bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung oleh Partai Golkar, PPP, PKS, dan Gerindra mendaftar ke KPU," katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Batang Susanto Waluyo mengatakan bahwa pasangan Fallas-Ahmad Ridwan telah resmi mendaftar sebagai peserta Pilkada 2024.

KPU, kata dia, telah menerima seluruh persyaratan administrasi yang dibutuhkan dan verifikasi serta sudah menyerahkan surat rujukan untuk pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon ini, kata dia, pada tanggal 30—31 Agustus 2024 di RSUP dr. Kariadi, Semarang.

"Pemeriksaan ini merupakan salah satu tahapan penting yang harus dilalui oleh setiap bakal pasangan calon guna memastikan bahwa mereka memenuhi syarat kesehatan untuk mengikuti kontestasi pilkada," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024