Semarang (ANTARA) - Selama 5 tahun BUMN bertransformasi di bawah kepemimpinan Erick Thohir,  PLN konsisten melakukan upaya-upaya mendukung kelestarian lingkungan.

Kali ini di pesisir pantai selatan Jawa, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta menggelar aksi program "PLN Peduli" dengan penanaman 2.500 bibit pohon cemara di Pantai Samas, Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin (27/8) pagi. 

Kegiatan ini diinisiasi bersama Yayasan Aksi Inspirasi Indonesia (AII) dan Forum Komunikasi Pemuda-Pemudi Rejo-Sari (FKPPRS), serta dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, Babinsa TNI AL Srigading, Pemerintah Desa Srigading, dan manajemen serta pegawai PLN UP3 Yogyakarta.

Kusno Wibowo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, menyampaikan pentingnya menjaga ekosistem pantai agar terhindar dari abrasi di masa depan. Salah satu langkah konkret adalah dengan penanaman bibit pohon cemara. Ia juga mengapresiasi peran PLN, yayasan, pemerintah setempat, dan masyarakat pesisir selatan Yogyakarta dalam upaya ini.

“Yogyakarta terkenal sebagai destinasi wisata, sehingga sangat penting untuk menjaga agar pantai tidak terkena abrasi di masa depan. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kerja sama dan kolaborasi dari semua pihak, terutama PLN UP3 Yogyakarta, dalam kegiatan penanaman bibit pohon cemara laut ini. Harapannya, kegiatan ini dapat menjaga kelestarian lingkungan, khususnya di pantai selatan,” ujar Kusno.

Taufik Hidayat, Ketua Yayasan AAI, menambahkan bahwa kegiatan penanaman ini merupakan yang kedua bersama PLN setelah sebelumnya dilakukan di Kulonprogo. Penanaman ini bertujuan untuk memulihkan ekosistem laut pesisir selatan dan sebagai penghalang abrasi.

“Ini adalah agenda ketiga kami, setelah kegiatan serupa di Malang dan Kulonprogo. Kami berharap pohon cemara laut ini dapat menjadi penghalang abrasi laut serta mendukung ekosistem laut dan ekonomi di DIY,” tutur Taufik.

Sulistyantoro, Kaur Pangripta Kelurahan Srigading, juga mengapresiasi kegiatan penanaman bibit pohon cemara di wilayahnya. Ia berharap pohon-pohon ini tidak hanya membantu ekosistem laut tetapi juga menarik lebih banyak wisatawan ke Pantai Samas.

“Kami atas nama Kelurahan Srigading mengucapkan terima kasih kepada PLN atas kegiatan penanaman bibit pohon cemara laut di wilayah kami. Semoga bibit ini tumbuh dengan baik dan membawa lebih banyak wisatawan ke Pantai Samas,” pungkas Sulistyantoro.

Sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero), PLN Peduli terus mendukung kelestarian alam sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs). DIY sebagai provinsi dengan tingkat kunjungan wisatawan domestik tertinggi versi Goodstats per Agustus 2024, peningkatan jumlah dan kualitas destinasi wisata menjadi hal yang penting.

Mochamad Soffin Hadi, General Manager PLN UID Jawa Tengah dan DIY, menyatakan bahwa PLN sebagai perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan, terus berupaya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Khususnya di DIY, yang dikenal memiliki destinasi wisata yang beragam, mulai dari laut hingga gunung berapi.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui program PLN Peduli, terutama dalam mendukung pariwisata DIY. Kegiatan penanaman 2.500 bibit pohon cemara ini adalah salah satu upaya kami untuk mendukung pemulihan ekosistem pesisir pantai serta meningkatkan ekosistem ekonomi masyarakat pesisir,” ungkap Soffin.

Soffin berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh nyata bagaimana kolaborasi antara berbagai pihak dapat memberikan dampak positif bagi pelestarian lingkungan dan pengembangan ekonomi lokal. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024