Semarang (ANTARA) - Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Semarang Yoyok Sukawi dan Joko Santoso berencana mendaftarkan diri maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) tanpa arak-arakan massa.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Semarang Wahyoe Winarto, di Semarang, Selasa, mengatakan rencana pendaftaran ke KPU Kota Semarang akan dilakukan pada Rabu (28/8) besok.

"Kami sepakati tidak arak-arakan. Kami cukup dari pengurus partai pengusung yang hadir. Tidak (membawa massa, red.)," kata Liluk, sapaan akrabnya.

Pasangan Yoyok-Joko diusung oleh koalisi besar, yakni Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Beberapa parpol lain diinformasikan juga bergabung, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai NasDem.

Pada Senin (26/8) malam, para pimpinan parpol pengusung telah menggelar rapat untuk memantapkan pasangan Yoyok-Joko.

Ketua DPC PPP Kota Semarang Fatchur Rahman menyampaikan para pengurus partai politik pengusung akan bersama-sama mengantarkan Yoyok-Joko saat mendaftarkan diri di KPU Kota Semarang.

"Insya Allah, hari Rabu kami akan bersama mengantar Mas Yoyok dan Mas Joko selaku (bakal, red.) calon wali kota dan wakil wali kota untuk mendaftar di KPU," katanya.

"Tentunya dengan persyaratan-persyaratan yang insya Allah tidak ada kekurangan. Akan kami benahi terus sampai Rabu, hari H. Kami mohon doa restu segenap masyarakat," katanya.

Sementara itu, Yoyok selaku bakal calon wali kota Semarang membenarkan rencana pendaftaran ke KPU Kota Semarang pada Rabu (28/8) besok bersama para pengurus parpol pengusung.

hari Rabu (28/8) mendaftar. Lalu, setelah itu akan berkumpul membentuk tim pemenangan dari unsur partai pengusung, relawan, tokoh masyarakat, semuanya, baru rumuskan strategi pemenangan," katanya.

Relawan pasangan yang mengusung slogan "Yoyok Joss untuk Semarang Maju dan Bermartabat" itu, kata dia, sebenarnya sudah terbentuk, dan akan segera diinventarisasi untuk disolidkan dalam satu komando.

"Kami hanya berharap semuanya berjalan kondusif, baik, berdampingan supaya sama-sama semua menyosialisasikan dua pilkada ini," kata pemilik nama lengkap Alamsyah Satyanegara Sukawijaya.

Yoyok merupakan Chief Eksekutif Officer (CEO) PSIS Semarang dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, sedangkan Joko Santoso merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Kota Semarang yang juga anggota DPRD Kota Semarang.

Sesuai dengan tahapan pilkada, KPU Kota Semarang telah membuka pendaftaran calon kepala daerah pada 27-29 Agustus 2024.

Dua hari pertama, yakni 27-28 Agustus 2024, pendaftaran akan dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB, sedangkan pada 29 Agustus 2024 akan dibuka hingga pukul 23.59 WIB.

Baca juga: Inilah pasangan Yoyok Sukawi di Pilkada Kota Semarang

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024