Wonosobo (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polres Wonosobo, Jawa Tengah, menerjunkan 29 personel untuk mengamankan jalur Dieng Culture Festival (DCF) 2024.

Kasatlantas Polres Wonosobo AKP Edi Nugroho, di Wonosobo, Sabtu, menjelaskan 29 personel disiagakan 1x24 jam selama 3 hari pada Jumat-Minggu (23-25/8).

Ia menuturkan pihaknya telah mempersiapkan dengan matang pengamanan DCF di kawasan Dieng bersama Polres Banjarnegara.

“Kami menerjunkan personel sebanyak kurang lebih 29 personel per harinya selama tiga hari. Jadi personel dalam 1 kali 24 jam di sana, kemudian nanti per harinya personel berbeda," katanya.

Ia menyampaikan, kegiatan DCF yang menjadi agenda rutin setiap tahun ini dimungkinkan dipadati wisatawan. Terlebih kegiatan ini diadakan pada akhir pekan, sehingga penempatan anggota di jalur menuju Dieng diperlukan.

Selain menempatkan personel di jalur menuju Dieng, kami juga sudah menyiapkan sejumlah kayu ganjal untuk antisipasi kemacetan karena kendaraan yang tidak kuat menanjak di sejumlah titik menuju Dieng," katanya.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas dan kemacetan selama acara, katanya, Satlantas Polres Wonosobo juga menerapkan rekayasa lalu lintas, terutama di simpang titik 0 km Dieng.

Kendaraan dari arah Wonosobo akan diarahkan menuju Telaga Warna melalui jalur kiri. Dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan, pihak kepolisian juga telah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

"Termasuk water barrier, mobil derek, dan tim urai yang siap menggunakan roda dua. Kolaborasi dengan Polres Banjarnegara juga telah dilakukan mengingat sebagian besar wilayah Dieng berada di Kabupaten Banjarnegara," katanya.

Baca juga: BI dukung pengembangan ekonomi kreatif di Dieng Banjarnegara

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024