Semarang (ANTARA) - Bank Jateng kembali menunjukkan komitmen luar biasa dalam mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, sehingga pada ajang Prominent Awards 2024, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam kategori Excellent in Credit and Business Development for Small Medium Enterprises.

Penghargaan tersebut diterima Direktur Bisnis Kelembagaan, Tresuri, dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Ony Suharsono, di Jakarta, Jumat (9/8/2024).

"Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari kerja keras kami untuk selalu mendukung UMKM di Jawa Tengah. Kami bangga dapat berkontribusi dalam membangun ekonomi daerah melalui penyaluran kredit yang terus meningkat setiap tahunnya," kata Ony.

Tahun 2023 menjadi salah satu periode penting bagi Bank Jateng, di mana mereka berhasil menyalurkan kredit mikro dan UMKM senilai Rp15,78 triliun, mengalami kenaikan signifikan sebesar 23,38 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, Bank Jateng juga mampu menjaga kualitas kredit dengan mencatatkan NPL (Non Performing Loan) kredit mikro di angka yang sangat rendah, yakni 0,29 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa Bank Jateng tidak hanya fokus pada pertumbuhan kredit, tetapi juga pada pengelolaan risiko yang efektif.

Ajang Prominent Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Salutee.id, PT Cahaya Hati Sukses, merupakan penghargaan yang diberikan kepada korporasi yang berprestasi dan memiliki kontribusi positif untuk bangsa.

Arief Hidayat Thamrin, CEO Salutee.id mengatakan acara ini eksklusif dan selektif, hanya diikuti oleh 25 penerima penghargaan yang terbagi dalam lima klaster, yaitu BUMN, Swasta, Emiten, dan Badan Usaha Lainnya, ditambah dengan klaster CSR-SDGs-Filantropi dan klaster Special Achievement.

Ony menambahkan bahwa ke depan, Bank Jateng akan terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan dan inovasi dalam mendukung UMKM, serta menjaga kualitas kredit yang sehat.

"Kami percaya bahwa dengan dukungan yang tepat, UMKM dapat menjadi pilar utama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia." katanya.

Penghargaan ini menjadi pendorong bagi Bank Jateng untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat, terutama dalam mendukung UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian daerah. Dengan penghargaan ini, Bank Jateng semakin mantap melangkah ke depan, membawa semangat untuk terus berkontribusi bagi pembangunan Indonesia. 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024