Semarang (ANTARA) - Bagi ASN Kementerian Agama, HUT RI adalah spirit menjaga harmoni Indonesia. Ada tanggung jawab yang cukup berat, yaitu menjaga kerukunan umat beragama. Hal itu disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Jateng Wahid Arbani bertindak sebagai Inspektur Upacara HUT Ke-79 RI yang membacakan sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

ASN Kementerian Agama, lanjut Wahid membacakan sambutan Menag, berada di garis terdepan mengawal keberagamaan yang inklusif, moderat dan toleran, maka Kementerian Agama harus memastikan untuk hadir sebagai pelayan masyarakat yang profesional.

"Kita akan segera memasuki periode Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045. Saya mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk menyiapkan diri dengan akselerasi kerja yang cepat, transparan dan profesional. Segala bentuk perubahan akan tersaji di depan kita, memperkuat barisan adalah jawaban yang tepat untuk membawa Indonesia pada kemajuan," katanya.

Wahid Arbani dalam kesempatan tersebut mengenakan baju adat Balenang. Begitu juga seluruh jajaran ASN Kemenag Jateng, semarak mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kemerdekaan Indonesia selalu kita peringati setiap tahun. Ini adalah momentum memperkuat arah pembangunan sekaligus membangun komitmen kebangsaan sebagai pilar NKRI," kata Wahid.

Jajaran Kanwil Kemenag Provinsi Jateng laksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Asrama Haji Manyaran Kota Semarang, Sabtu (17/8/2024).

Peringatan tahun ini bertajuk Nusantara Baru, Indonesia Maju. Berbaris rapi seluruh Kepala Bidang dan Pembimas serta jajaran pegawai Kanwil Kemenag Jateng. Turut juga dalam upacara jajaran Kemenag Kota Semarang.

Dalam kesempatan itu, Wahid menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya 30 Tahun, 20 Tahun dan 10 Tahun kepada 14 Pegawai. Diakhiri dengan penyerahan hadiah lomba-lomba semarak kemerdekaan di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jateng.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024