Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI mengajak generasi muda memaknai kemerdekaan Indonesia dengan menggelorakan cinta budaya lokal.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid di Pekalongan, Sabtu, mengatakan bahwa cinta budaya lokal merupakan bagian langkah awal cinta Tanah Air.

"Kami menekankan pentingnya masyarakat Indonesia, terutama generasi muda di daerah ini, agar bisa mencintai budaya lokal sendiri," katanya saat berpidato dalam acara upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Dengan mengusung tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju", ia mengaku bersyukur dalam pelaksanaan upacara Kemerdekaan RI bisa berjalan lancar dan khidmat.

Melalui tema peringatan HUT Ke-79 RI tersebut, kata dia, mengajak masyarakat mengisi kemerdekaan ini dengan hal yang positif dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Meski sudah 79 tahun Indonesia merdeka tetapi sejatinya kita masih harus berjuang terus di jalan yang lain," katanya.

Afzan Arslan mengatakan memperjuangkan kemerdekaan pada era saat ini bukan hanya melawan penjajah dengan membawa senjata maupun bambu runcing, tetapi perlu mempertahankan budaya sendiri agar tidak dijajah bangsa lain.

"Kami berharap anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa tetap harus mempertahankan dan mencintai budaya Indonesia dengan keanekaragaman yang ada," katanya.

Menurut dia, Indonesia ini adalah negara yang penuh beragam mulai dari suku, agama, budaya, dan ras, sehingga generasi muda harus dapat menjaga keberagaman itu.

"Jangan sampai anak-anak muda lupa keberagaman ini. Penjajahan juga bisa lewat perkembangan teknologi informasi yang tentunya akan bisa mempengaruhi tatanan pemerintahan Indonesia," katanya.
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024