Semarang (ANTARA) - PT Semen Gresik Pabrik Rembang mempererat silaturahmi dengan ikut menghadiri agenda ruwatan agung yang menampilkan wayangan dengan lakon Kresna Gugah dari masyarakat adat samin atau Sedulur Sikep Samin di Dusun Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora (5/8).

Kearifan tradisi lokal ruwatan agung yang digelar merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan YME atas keberkahan yang diberikan, baik itu kesehatan, keselamatan maupun rezeki.

Silaturahmi dilaksanakan di pendopo yang dihadiri oleh tokoh adat Sedulur Sikep Samin Mbah Lasiyo dan ketua paguyuban Sedulur Sikep Samin Mbah Poso, beserta ratusan anggotanya. Serta hadir secara langsung perwakilan dari PT Semen Gresik, Senior Manager of Communication & CSR Sulistyono, beserta tim.

Sulistyono mengatakan perusahaan rutin melaksanakan silaturahmi dengan kelompok budaya Sedulur Sikep Samin Klopoduwur, sebagai upaya perusahaan dalam mempererat silaturahmi sekaligus menjalin sinergitas dengan kelompok budaya lokal.

“Kami disambut dan dijamu dengan hangat di pendopo oleh Sedulur Sikep Samin Klopoduwur. Suasana cair kekeluargaan terlihat dari silaturahmi tersebut, dengan bersama-sama menyaksikan pentas pewayangan dalam rangka ruwatan agung,” katamya.

Ia menambahkan kegiatan silaturahmi ini menjadi wujud nyata dari komitmen perusahaan dalam penggunaan prinsip stakeholder engagement. Dimana keterbukaan dan saling menerima antara perusahaan dan kelompok budaya tanpa melihat keyakinan yang dianut.

“Ilmu atau ajaran yang digaungkan oleh Sedulur Sikep Samin tentang pentingnya menjaga alam, selaras dengan konsep pembangunan Semen Gresik yang mengedepankan kelestarian lingkungan dan industri hijau,” kata Sulistyono.

“Harapannya, semangat kekeluargaan dan keakraban terus terjaga dengan baik, sehingga mampu menciptakan nilai tambah dari segi sosial budaya bagi Sedulur Sikep Samin. Hal tersebut juga menjadi bagian dari keberlanjutan operasional perusahaan,” katanya.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024