Semarang (ANTARA) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paskibra Universitas Semarang (USM) sukses menggelar Lomba Gerakan Aksi Paskibra (GAP) VIII 2024 pada 28 Juli 2024.

Lebih lanjut, kegiatan GAP zke-8 berhasil menelurkan sejumlah pemenang dari berbagai sekolah yang turut berpartisipasi dalam kompetisi ini. SMKN 1 Semarang berhasil meraih predikat Juara Umum, menunjukkan prestasi yang luar biasa dalam ajang ini. Selain itu, mereka juga berhasil meraih Juara I Utama, membuktikan kualitas dan dedikasi mereka dalam kompetisi tersebut.

Selanjutnya, Juara II Utama diraih oleh SMKN 5 Semarang, yang juga menunjukkan performa yang sangat baik dalam berbagai kategori. SMAN 9 Semarang tidak ketinggalan, berhasil meraih Juara III Utama, menambah daftar prestasi mereka di bidang akademik dan ekstrakurikuler.

Dalam kategori Juara Harapan, SMAN 1 Ungaran berhasil meraih Juara Harapan I, disusul oleh SMA N 4 Semarang yang meraih Juara Harapan II. SMA N 7 Semarang menutup kategori ini dengan meraih Juara Harapan III. Selain itu, kategori Juara Madya juga memperlihatkan persaingan ketat, dengan SMAN 3 Slawi yang meraih Juara Madya I, SMAN 2 Semarang sebagai Juara Madya II, dan SMAN 5 Semarang yang berhasil meraih Juara Madya III.

Untuk kategori Danton, SMKN Warungasih berhasil meraih Juara I, diikuti oleh SMAN 1 Slawi yang mendapatkan Juara II, serta SMAN 1 Ungaran yang menempati posisi Juara III. Selain itu, dalam kategori LPBB, SMKN 1 Semarang kembali menunjukkan dominasinya dengan meraih Juara I, sementara SMK N 5 Semarang dan SMA N 2 Semarang masing-masing meraih Juara II dan III.

Kemenangan SMKN 1 Semarang tidak hanya berhenti di situ, mereka juga berhasil meraih Juara I Varvor. Sementara itu, SMA Islam Sultan Agung memenangkan Juara I Favorit. Selain itu, SMKN 5 Semarang meraih Juara I Suporter dan Juara I Medsos. Untuk kategori Kostum, SMKN 1 Semarang berhasil meraih Juara I, dan SMKN 12 Surabaya mendapatkan Juara II.

Kegiatan tingkat nasional ini diselenggarakan rutin setiap tahun oleh USM di Gelora Prof Sudarto USM dan diikuti 31 tim, dengan mengusung tema “Satria Prakarsa Bak Gatotkaca, Wira Lir Srikandi” atau Pasukan Perlkasa Layaknya Gatotkaca, Pemberani bagaikan Srikandi.

Kompetisi ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus ini, dibuka oleh Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

"Saya mengapresiasi usaha seluruh panitia yang saat ini ada 31 tim yang ambil bagian dalam kegiatan ini, kegiatan ini selalu dilaksanakan setiap tahun dan tahun ini sudah yang ke-8 UKM Paskibra menyelenggarakan lomba ini," kata Junaidi. 

Junaidi berharap lomba ini juga dapat menumbuhkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air untuk generasi muda, karena generasi muda ini yang nantinya menjadi pemimpin-pemimpin bangsa. Dia menekankan pentingnya semangat nasionalisme sebagai fondasi yang kuat bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan masa depan.

Lebih lanjut, Junaidi menyatakan bahwa lomba yang rutin digelar setiap tahun ini diharapkan menjadi salah satu ikon USM untuk memperkenalkan kepada siswa SMA di Indonesia agar nantinya para siswa ini dapat melanjutkan kuliah di USM. Dia berharap kegiatan ini bisa menarik minat siswa dari berbagai daerah untuk melanjutkan pendidikan di USM.

"Kegiatan ini tidak hanya diikuti peserta dari Jawa Tengah tapi juga ada dari Jawa Timur. Silahkan bergabung dengan USM karena kami juga mendidik para mahasiswa baru untuk berkembang tidak hanya di bidang olahraga namun juga kegiatan akademik," ujarnya. 

Junaidi juga mengajak para siswa untuk berjuang mengikuti prosedur yang ada dan berharap mereka dapat menjadi yang terbaik.

Sementara itu, ketua panitia acara ini, Mar’atus Sholekah yang akrab dipanggil lekha mengatakan tujuan diadakanya kegiatan ini yaitu sebagai bentuk branding promotion untuk memperkenalkan universitas Semarang terkhusus UKM Paskibra.

“Tujuan kegiatan ini mengenalkan USM kepada masyarakat khususnya kepada para siswa SMA/SMK Sederajat se-Jawa," ujarnya

"Saya ucapkan terimakasih kepada Panitia, Juri dan tak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Universitas Semarang, Sponsorshoip dan media partner atas kolaborasinya yang bagus sehingga acara berjalan lancar dan sukses, Kami juga membuka antar universitas namun belum ada pesertanya, semoga tahun depan pesertanya ada dari universitas," lanjutnya. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024