Semarang (ANTARA) - Universitas Semarang (USM) melalui unit kemahasiswaan menyelenggarakan acara Penandatanganan Perjanjian Pakta Integritas Mahasiswa Penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar - Kuliah (KIP-K) pada Jumat, 2 Agustus 2024 di Aula Lantai 6, Gedung V Prof. Ir. Joetata Hadihardaja USM. 

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, menjelaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 13 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Pendidikan Tinggi, Tim UPNS Pengelola Beasiswa USM telah melakukan verifikasi data dan seleksi calon penerima Beasiswa KIP-K Kuliah Merdeka Tahun 2024. 

"Kami ucapkan selamat kepada calon penerima beasiswa yang telah lolos seleksi. Selanjutnya, mereka akan melaksanakan penandatanganan perjanjian pakta integritas dan mengikuti masa Pengenalan Akademik dan Kegiatan Mahasiswa (Pakem) 2024 sesuai jadwal yang telah ditentukan," ujar Junaidi.

Lebih lanjut, Junaidi menekankan pentingnya penandatanganan kontrak sebagai landasan dasar untuk menetapkan penerima beasiswa KIP-K. "Kontrak ini menjadi landasan dasar kami untuk menetapkan mahasiswa penerima Beasiswa KIP-K. Jika ada inkonsistensi terhadap kontrak yang telah ditandatangani, kami bisa membatalkan kelanjutan proses penerimaan beasiswa," jelasnya.

Ia juga mengingatkan para mahasiswa penerima beasiswa untuk berkomitmen menjunjung tinggi tugas, tanggung jawab, dan nilai-nilai luhur yang ditetapkan oleh USM. "Penerima beasiswa ini harus komitmen terhadap kuliah dan prestasi. Jika IPK turun di bawah 2,5, Jadi Acara ini bertujuan untuk memastikan komitmen mahasiswa dalam memanfaatkan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah," tegas Junaidi.

Kemudian, Junaidi menyampaikan bahwa proses verifikasi data akan terus dilakukan untuk memastikan validitas data penerima beasiswa

Selain itu, Junaidi mengingatkan bahwa beasiswa KIP-K diharapkan untuk terus berkomitmen dalam kegiatan akademik dan partisipasi dalam kegiatan kampus. "Kami berharap penerima beasiswa komitmen terhadap kuliah, prestasi, dan aktif dalam organisasi. Karena pada prinsipnya, mahasiswa yang menerima beasiswa ini adalah mereka yang dititipkan oleh negara kepada USM untuk dididik dan dibina menjadi yang terbaik," pungkasnya.

Junaidi juga menekankan pentingnya keterlibatan orang tua dalam mendukung anak-anak mereka yang menerima beasiswa. "Kami berharap orang tua wali yang hadir hari ini dapat mendorong dan mendukung putra-putrinya agar serius dalam memanfaatkan beasiswa ini. Jangan hanya sekadar menandatangani kontrak, tetapi juga berkomitmen penuh dalam proses pendidikan," tuturnya.

Adapun daftar penerima Beasiswa KIP-K 2024 di USM di antarannya Pertama dari Program Studi Ilmu Hukum, penerima beasiswa KIP-K tahun 2024 di USM meliputi Virgi Irawan Listiano, Diana Puspitasari, Khurin'in Khaerunnisa, Rosafina Hanggari Maharani, Nova Nabila Sari, Zahra Jova Putri Idfiane, Titis Iman Waluyo Sejati, Desi Rosita Damayanti, Rahmat Khaqiqi, Dwi Febriana, Anis Nur Mahfiroh, Chrysilla Phebe Cleodora Susanto, Fhajri Ilham Alamsyah, Salma Oktavia Ramadhani, Intiyani, Elsa Bella Maharani, Intan Tazkiatun Nisa, Rendy Tri Setyo Nugroho, Siti Nur Kholifah, dan Muhammad Fais Abdillah.

Selanjutnya, dari Program Studi Akuntansi, para penerima beasiswa adalah Marsya Ayudia Salsabila, Puji Rahayu, Ika Nur Khasanatun Nis Furromdhonah, Betalina Prihadi, Dani Firmansyah, Amrina Rosyada, dan Vella Maulina Apriliani.

Dari Program Studi Manajemen, penerima beasiswa terdiri dari Muchamad Akhirin, Siska Mariyana, Putri Ramadani, Nandita Azzahra, Anisa Nur Fitriani, Davina Indah Safira, Rahma Nasyita Zahrani, Nurul Hidayah, Naura Diva Azzkatamma, Fikri Arrachman, Adam Prasetya, Siti Basiroh, Mareta Putri Sintyasari, dan Hasan Tama Ampri Rosidin.

Kemudian, dari Program Studi Teknik Sipil, penerima beasiswa adalah Andre Adhi Saputra, Ahmad Nur Fuad, Abraham Aiyuda Kusuma, Fanny Kurniawan, dan Lukman Andriawan. Dari Program Studi Teknik Elektro, penerimanya adalah Moh Sodik, Revikaeza Agil Cita Firmansyah, Firros Roja Farros, Amanda Safitri Wibowo, Vera Agustina Rahma Dani, Danendra Mahardhika, dan Fitri Aulia Rizki.

Dari Program Studi Perancangan Wilayah dan Kota, penerima beasiswa adalah Sufi Landya, Rahma Fauziah Syifa Yulios, dan Rio Farantika. Sedangkan dari Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, penerimanya adalah Nadia Aneira Zita Earlene, Arya Rahmawati, Aizha Ramel Linda Kasim, Shalih Ilham Zulmi, Melati Dewi Aulia Utami, Ulin Ni'mah, dan Jovita Artia Aprilia.

Dari Program Studi Psikologi, penerima beasiswa adalah Muhamad Yogi Galih Saputra, Jonathan Filbert Sehan Syahkeri, Zahra Charismatik, Jamaluddin Akbar, Cintia Karina Dewi, Maula Salma Dalima, dan Saiful Mujab. Dari Program Studi Teknologi Informatika, penerimanya adalah Mohammad Alif Hidayat, Ilham Hudallah, Moehamad Safii, Putri Arta Mevia, Leo Alviando, Derisco Muhammad Kaisar, dan Muhamad Khusnu Marom.

Dari Program Studi Sistem Informasi, penerima beasiswa adalah Agung Slamet Riyadi, Gideon Okta Dinata, Muhammad Saifil Mubarok, Putri Pramesti Qurratul Aini, Ilham Ghifaqi Alfath, Saad Abdul Nakil, dan Lintang Nur Maghribiyah. Dari Program Studi Ilmu Komunikasi, penerimanya adalah Choirunnisa, Patrick Bernadian, Agustin Vina Wijayanti, Firna Sulistyaningsih, Ardhana Reswari, Ahmad Rizki Maulana, dan Muhamad Farid.

Terakhir, dari Program Studi Pariwisata, penerima beasiswa KIP-K 2024 adalah Dhea Alviana Putri Septiani, Vika Maria Dewi, dan Ista Meiya Shifani. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024