Magelang (ANTARA) - Pelajar MAN Kota Magelang Yudhistira Wahyu Utomo (17) lolos seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk bertugas pada upacara HUT Ke-79 RI di Semarang, 17 Agustus 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Magelang Agus Satiyo Haryadi dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Kamis, menjelaskan Yudhistira satu-satunya pelajar mewakili daerah setempat untuk Paskibraka tingkat Jateng.

"Maka kami mohon doa restu, arahan dan bimbingan kepada Wali Kota Magelang, untuk menjaga semangat, mentalitas Yudhistira selama pelatihan sampai pengibaran bendera," katanya.

Ia mengatakan hal itu saat mendampingi Yudhistira yang warga Dusun Dawunan, Desa Madyocondro, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang tersebut, beraudiensi dengan Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz di kantor wali kota setempat pada Rabu (31/7). 

Wali Kota Muchamad Nur Aziz menyampaikan selamat kepada Yudhistira karena berhasil menjadi wakil daerah setempat untuk Paskibraka Jateng.

"Jaga kondisi kesehatan, perjalanan masih panjang pasca-bertugas Paskibraka. Mudah-mudahan apa yang dicita-citakan bisa tercapai. Jaga kondisi, minta doa sama orang tua. Karena jadi Paskibraka itu nggak gampang," katanya.

Yudhistira mengaku orang tua memberi motivasi dirinya untuk terus berlatih dan terlibat dalam berbagai organisasi. Ia anak pasangan Budi Utomo dan Lilis Indarwati.

"Dulu SMP suka ikut Pramuka, pernah ikut Jambore Nasional. Seiring berjalan waktu semakin tertarik ikut Paskibraka, baik tingkat kota maupun provinsi," ujarnya.

Seleksi menuju Paskribraka Jateng telah dijalani sejak Maret 2024, mulai tingkat kota hingga provinsi. Selanjutnya, pemusatan latihan di Semarang mulai Minggu (4/8) dan bertugas pada upacara HUT Ke-79 RI di Simpang Lima Semarang, 17 Agustus 2024.

Yudhistira yang ingin masuk Akademi Kepolisian (Akpol) itu, menyatakan bersyukur lolos seleksi Paskibraka 2024 tingkat Jateng tersebut.

"Sebelum seleksi sempat sakit kaki, varises, alhamdulillah segera berobat sampai sembuh dan lolos. Sekarang harus banyak latihan fisik dan mental, supaya nanti lancar sampai tugas selesai," ujarnya.

 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024