Semarang (ANTARA) - Pengurus Wilayah Majelis Taklim Perempuan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW MTP IPHI) Jawa Tengah menggelar lokakarya Kesehatan Finansial dan Edukasi Literasi Keuangan Syariah dengan Bank Indonesia.

Workshop tersebut mengusung tema “MTP IPHI Jateng Melek Finansial dengan Pelatihan Keuangan Syariah di Era Milenial” dilaksanakan di Wisma Perdamaian Rakyat pada 28 Juli 2024.

Ketua Pengurus Daerah MTP IPHI Dr. Hj. Malikha, MT menyampaikan workshop ini merupakan bagian dari program kerja MTP  wilayah sekaligus ajang untuk silaturahmi dan konsolidasi dengan MTP kabupaten/kota setelah pelantikan pengurus MTP wilayah beberapa waktu lalu.

Maksud dan tujuan lokakarya itu memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada pengurus MTP untuk mengetahui kesehatan finansial dan memberikan edukasi literasi keuangan syariah kepada pengurus MTP baik di wilayah maupun kabupaten/kota. Lokakarya itu dihadiri  utusan/perwakilan pengurus MTP kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua Umum IPHI Jateng Prof. Dr. H. Imam Taufiq, MA. Dalam Sambutan Imam Taufiq menyampaikan pentingnya melek finansial bagi MTP dalam perencanaan keuangan keluarga di era milenial ini karena perempuan harus terampil dan bisa mengatur keuangan dalam keluarga.
 

Pengurus Wilayah Majelis Taklim Perempuan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW MTP IPHI) Jawa Tengah menggelar lokakarya Kesehatan Finansial dan Edukasi Literasi Keuangan Syariah dengan Bank Indonesia. Dok. PW Majelis Taklim IPHI Jateng


Imam Taufiq juga mengapresiasi MTP Jateng yang bergerak cepat pascapelantikan dengan melakukan konsolidasi dengan MTP di kabupaten/kota.

Hadir pula di acara K.H. Mukhtar Hadi, M.Ag yang pernah menjabat Kabag TU di Kanwil dan Wakil Rektor di UMM Magelang dan Undaris sekaligus salah satu narasumber di workshop.

Mukhtar Hadi menyampaikan pentingnya melestarikan kemabruran haji khususnya di MTP agar hidup lebih berkah dan bermanfaat untuk lingkungan.

Narasumber lain Dr. H. Wahab Zaenuri, MM (Dewan Pengawas Syariah BMT dan asesor kompetensi perbankan BNSP) menyampaikan materi tentang transaksi dan investasi keuangan syariah dan pentingnya menggunakan perbankan syariah dalam bertransaksi dan berinvestasi.

Peserta sangat tertarik terbukti dengan materi terbukti dengan banyak peserta yang mengajukan pertanyaan di forum diskusi. Workshop dihadiri 20 PD MTP IPHI se-Jateng, laporan dari Ketua panitia Hj. Ain Ainul Ghurroh, S.Sy, M.Sy, A.H

Sesi tak kalah menarik adalah forum konsolidasi yang dipimpin langsung ketua MTP dan Prof. Dr. Arikha, M.Ag sebagai Ketua Pembina PD MTP IPHI Jateng.

Peserta dari kabupaten/kota sangat antusias karena sudah lama MTP tidak mengadakan forum silaturahmi dan konsolidasi.

Menurut Malikha, konsolidasi akan rutin diadakan setiap triwulan. Agenda konsolidasi dapat dijadikan ajang berbagi informasi kegiatan di masing-masing MTP  kabupaten/kota yang mempunyai program unggulan dan menarik.

Arikha berharap MTP Jateng tetap memberikan kontribusi dan bersinergi dengan pemerintah. ***


Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024